Representasi toleransi dalam film Neerja: analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatulloh, Mochammad Chusain (2021) Representasi toleransi dalam film Neerja: analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Chusain Rahmatulloh_B75217125.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi toleransi yang digambarkan dalam film Neerja. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu bagaimana representasi toleransi yang terdapat dalam film Neerja. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan representasi toleransi yang terdapat dalam film Neerja.Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis teks media dengan menggunakan pendekatan paradigma kritis kemudian penelitihan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis semiotika model Roland Barthes, yang menganalisis secara dua tahap yaitu konotasi dan denotasi.Hasil dari penelitian ini penelitian menemukan empat representasi toleransi yang ada dalam film Neerja diantaranya: (1)Kesadaran dan kejujuran (2)Toleransi dalam memberikan kebebasan (3)Tolong menolong tanpa memandang latar belakang (4)Agreement in Disagreement dalam mengambil keputusan. Penelitian ini direkomendasikan bagi peneliti selanjutnya bahwa masih ada peluang untuk diadakan penelitian lebih lanjut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatulloh, Mochammad Chusainchusainuyee@gmail.comB75217125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBustomi, Abu Amarabu.amar@uinsby.ac.id197102042005011004
Subjects: Dakwah > Semiotika
Toleransi
Film
Keywords: Representasi; Toleransi; Film.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Moch. Rahmatulloh
Date Deposited: 08 Nov 2021 21:25
Last Modified: 08 Nov 2021 21:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50948

Actions (login required)

View Item View Item