Representasi kekerasan dalam Film Midsommar: analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmah, Safaatur (2021) Representasi kekerasan dalam Film Midsommar: analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safaatur Rochmah_B05217053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Film sebagai media massa yang menjadi bagian dari masyarakat selain menjadi media hiburan juga sebagai sarana untuk menggambarkan keadaan yang sedang terjadi di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan Untuk merepresentasikan kekerasan dalam flm “Midsommar” Metode yang digunakan yaitu Analisis Semiotika Model Roland Barthes, menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif. Dan menggunakan teori representasi sebagai teori pendukung. Representasi pada temuan penelitian sebagai berikut : Representasi seorang anak perempuan yang mengidap Bipolar akut yang melakukan tindak kekerasan dalam rumah tangga dengan cara bunuh diri dan mengikut sertakan kedua orang tuanya. Representasi Ritual Bunuh diri, seperti ritual Attestupa, sepasang kakek nenek yang melakukan tindak pembunuhan dengan dalih ritual persembahan dengan cara yang ekstream dan diluar nalar dan representasi terlaksanakannya ritual persembahan 9 nyawa kepada dewa. Representasi kekerasan seksual terhadap Christian yang dipaksa untuk mengawini maja. Representasi tindak pembunuhan terhadap simon yang tidak diketahui pasti penyebabnya, simon ditemukan dalam keadaan sudah menjadi mayat secara mengenaskan di kandang ayam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmah, Safaaturhaisafaatur@gmail.comB05217053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, Muchlismuchlis_79@yahoo.com2024117902
Subjects: Film
Keywords: Movie; Semiotic; Analysis; Violence;Film; Kekerasan; Analisis; Semiotika.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Safaatur Rochmah
Date Deposited: 10 Nov 2021 04:46
Last Modified: 10 Nov 2021 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50979

Actions (login required)

View Item View Item