علاقة الكفاءة الاجتماعية لمعلم اللغة العربية بقدرة التغلب على صعوبة تعليم اللغة العربية بالصف الثامن في المدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية ٢ موجوكرط

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sunni, Selma Mayla (2021) علاقة الكفاءة الاجتماعية لمعلم اللغة العربية بقدرة التغلب على صعوبة تعليم اللغة العربية بالصف الثامن في المدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية ٢ موجوكرط. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Selma Mayla Sunni_D92217075.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di setiap proses pembelajaran yang dilakukan siswa di sekolah pasti memiliki rasa sulit dalam mempelajari dan memahaminya. Terlebih pada mata pelajaran bahasa asing yaitu bahasa arab. Tak sedikit siswa merasakan kesulitan dalam balajar bahasa arab. Hingga terkadang terjadi sebuah rasa cemas pada diri para siswa yang membuat siswa tak nyaman saat belajar di kelas.Banyak siswa yang memilih menyembunyikan rasa kesulitannya dari guru. Salah satu metode yang memungkinkan untuk menghadapi ketakutan dan kesulitan siswa adalah kemampuan sosial guru dengan siswa atau kita sebut dengan istilah Kompetensi sosial guru. Kompetensi sosial guru memiliki pengaruh besar untuk mengatasi kesulitan belajar bahasa arab siswa. Karena kunci utama awal dalam menghadapi kesulitan belajar siswa adalah mengenali diri siswa dengan cara bersosialisasi antar guru dan siswa. Peranan kompetensi sosial memiliki pengaruh yang cukup besar dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh siswa.Penelitian ini berjudul “Hubungan kompetensi sosial guru bahasa arab dengan kemampuan mengatasi kesulitan belajar bahasa arab siswa kelas 8 di MTsN 2 Mojokerto’’. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 8 yaitu kelas 8 A, 8 B dan 8 C. Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mendapatkan gambaran seperti apakah hubungan kompetensi sosial guru bahasa arab dengan kemampuan mengatasi kesulitan bahasa arab siswa kelas 8 di MTsN 2 Mojokerto. Variabel yang diteliti ialah kompetensi sosial guru dengan kemampuan guru mengatasi kesulitan belajar bahasa arab siswa . Penelitian ini bersifat korelasional untuk melihat bagaimana hubungan kedua variabel tersebut. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan: 1. Rata-rata kompetensi sosial guru di MTsN 2 Mojokerto adalah sedang / cukup dengan nilai rata-rata sebesar 38.62. 2. Adapun kesulitan bahasa arab yang dihadapi oleh siswa di MTsN 2 Mojokerto adalah sedang dengan nilai rata-rata 35.30. 3. Kemampuan guru mengatasi kesulitan belajar bahasa arab siswa adalah sedang / cukup dengan nilai rata-rata sebesar 43.99 . adapun pengujian korelasi ini menggunakan metode Rank Spearman dengan hasil sebesar 0,289. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang postif (searah) yang mengartikan rendahnya kemampuan guru mengatasi kesulitan belajar bahasa arab siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sunni, Selma Maylaselmamayla1803@gmail.comD92217075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.com2004115901
Thesis advisorNajib, Aanaannajib@gmail.com2015105902
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Guru; Kompetensi Sosial Guru; Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Selma Mayla Marjoko
Date Deposited: 15 Nov 2021 09:49
Last Modified: 15 Nov 2021 09:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51020

Actions (login required)

View Item View Item