Representasi sikap optimisme dalam film “The Billionaire”

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzia, Fitria Nur (2021) Representasi sikap optimisme dalam film “The Billionaire”. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitria Nur Fauzia_B05217028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang representasi sikap optimisme dalam Film The Billionaire. Penelitian ini memiliki fokus masalah yaitu "bagaimana representasi sikap optimisme dalam Film The Billionaire?". Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes, analisis dengan pemaknaan konotasi dan denotasi serta menggunakan pendekatan kritis.pendekatan dengan melihat secara kritis dan menggambarkannya secara lebih jelas mengenai konteks isi, bahasa, dan gambar atau visual sehingga menemukan bagaimana tanda dan makna mengenai sikap optimisme digabungkan, digunakan dan diinterpretasikan dalam film The Billionaire. Kemudian, dioperasionalkan dengan teori representasi dan perspektif keislaman.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa representasi sikap optimisme dalam film The Billionaire diantaranya adalah; Pertama, Representasi dalam menghadapi masalah, ini direpresentasikan sebagai sikap optimisme dengan adanya sikap pantang menyerah. Kedua, Representasi berani dalam mengambil tindakan. Ini direpresentasikan sebagai sikap optimisme dengan adanya berpikir positif dan percaya diri. Ketiga, Representasi menumbuhkan rasa semangat juang. Ini direpresentasikan sebagai sikap optimisme dengan adanya sikap percaya diri dan pantang menyerah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzia, Fitria Nurfitriariafauzia@gmail.comB05217028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiatikom@uinsby.ac.id2014017301
Subjects: Dakwah > Semiotika
Ilmu Komunikasi
Film
Keywords: Representasi; Sikap optimisme.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fitria Nur Fauzia
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:57
Last Modified: 22 Nov 2021 13:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51131

Actions (login required)

View Item View Item