Pemberdayaan kelompok perempuan Dusun Karangliman Desa Kramat Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik dalam pengembangan usaha kerupuk ikan laut

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syufa'at, M. (2021) Pemberdayaan kelompok perempuan Dusun Karangliman Desa Kramat Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik dalam pengembangan usaha kerupuk ikan laut. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Syufa'at_B92217112.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang permberdayaan ekonomi perempuan di Dusun Karangliman Desa Kramat Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik dalam mengembangkan usaha komunitas kerupuk ikan laut. Kurang sadarnya masyarakat sekitar mengenai aset yang mereka miliki yaitu keterampilan membuat kerupuk ikan laut yang sebenarnya merupakan aset yang bernilai tinggi.Sehingga para perempuan pengrajin kerupuk hanya memproduksi apabila ada yang memesan saja. Maka dari itu, aset yang mereka miliki yaitu keterampilan dalam membuat kerupuk ikan laut diharapkan mampu mereka manfaatkan secara maksimal sebagai produk yang mempunyai nilai harga jual tinggi. Dengan memberikan inovasi baru dan penambahan label pada produk. Hingga memperluas jaringan pemasaran melalui media online dan offline untuk menambah penghasilan para perempuan pengrajin kerupuk.Dalam penelitian ini memakai metode ABCD (Aset Based Community Development) yang mencakup 5-D dalam Apreciative Inqiury, yaitu menemukenali dan menggali potensi atau aset (Discovery), Membangun impian (Dream), Menyusun dan Merancang strategi dari mimpi yang telah dibangun (Design), lalu menentukan program aksi dari strategi yang telah dirancang (Define), sampai pada tahap yang terakhir yaitu melakukan program yang telah disepakati (Destiny). Strategi pengembangan usaha kerupuk ikan laut ini dilakukan dengan membentuk kelompok usaha bersama dengan berbagai kegiatan. Diantara perubahan sosial yang terlihat sesudah adanya aksi ini yaitu perlahan masyarakat mulai menyadari akan keahlian yang mereka punyai mempunyai nilai yang tinggi untuk menjadikannya peluang dalam berbisnis atau membuka usaha untuk meningkatkan ekonomi mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syufa'at, M.muhammad.syufaat02@gmail.comB92217112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahriesdyah@gmail.com197804192008012014
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat; Inovasi; Peningkatan Ekonomi.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: M Syufa'at
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:58
Last Modified: 23 Nov 2021 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51163

Actions (login required)

View Item View Item