Penerapan Diversi dalam Sistem Peradilan Pidana Anak pada tahap penyidikan ditinjau dari Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam: Studi Kasus LP/K/208/1X/2018 di Polres Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafi'a, Istafada Ilma (2021) Penerapan Diversi dalam Sistem Peradilan Pidana Anak pada tahap penyidikan ditinjau dari Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam: Studi Kasus LP/K/208/1X/2018 di Polres Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Istafada Ilma Nafi'a_C93217086.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian lapangan dan menganalisis menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif, yaitu teknik analisa dengan cara memaparkan data apa adanya. Data yang digunakan merupakan data hasil wawancara dengan penyidik di Polres Tuban sebagai data primer dan data sekunder yang berupa buku, dokumen maupun surat laporan dari Polres Tuban. Pada penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa penyidik dalam menyelesaikan tindak pidana anak di Polres Tuban tidak menerapkan aturan penyelesaian dengan upaya diversi sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak namun penyidik menyelesaikan tindak pidana anak dengan mengedepankan tujuan dari adanya upaya diversi yakni semata-mata demi rasa kemanusian serta demi kesejahteraan anak. Namun jika ditinjau dari perspektif hukum pidana Islam upaya penyelesaian tindak pidana yang dilakukan anak telah sesuai dengan perintah untuk menyelesaikan perkara dengan upaya perdamaian (al-sulh) yang berdasar pada Q.S Al-Hujurat ayat 9. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka penulis menyarankan kepada pihak penyidik dari Polres Tuban untuk menjadikan tujuan pelaksanaan diversi yakni mengedepankan hak, kepentingan dan kesejahteraan anak sebagai dasar dilaksanakannya upaya diversi pada tindak pidana yang melibatkan anak namun tetap menjadikan Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak sebagai dasar penerapan penyelesaian tindak pidana anak serta untuk orangtua agar lebih waspada dan lebih memperhatikan perkembangan anak sehingga anak tidak terjerumus pada hal-hal yang dapat merusak diri dan masa depan anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafi'a, Istafada Ilmaistafadailmanafi@gmail.comC93217086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHatta, Moh.Hatta_marina@yahoo.com2026107104
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Peradilan
Keywords: Pidana pada anak; Anak.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Istafada Ilma Nafi'a
Date Deposited: 07 Dec 2021 03:46
Last Modified: 07 Dec 2021 03:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51246

Actions (login required)

View Item View Item