Analisis yuridis terhadap praktik Rapak tanpa kehadiran calon suami di Kantor Urusan Agama (KUA) Ngasem Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamaludin, Fuad (2020) Analisis yuridis terhadap praktik Rapak tanpa kehadiran calon suami di Kantor Urusan Agama (KUA) Ngasem Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fuad Kamaludin_C01215015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data penelitian dihimpun melalui studi dokumentasi dan wawancara. Selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian mengenaipraktik rapak tanpa kehadiran calon suami di KUA Ngasem menunjukkan pertama, kronologi bermula pada saat pemeriksaan dokumen (rapak) calon suami tidak menghadiri proses tersebut, sehingga pada saat pemeriksaan dokumen (rapak) yang diperiksa dokumennya oleh pegawai pencatatan nikah hanya calon istri dan wali. Kedua, ketentuan mengenai pemeriksaan dokumen atau biasa disebut rapak diatur dalam Pasal 5 Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2018 tentang pencatatan perkawinan berdasarkan hal ini perkawinan tetap sah secara hukum karena tujuan dari pemeriksaan dokumen sendiri untuk memverifikasi data calon pengantin dan wali. Menurut kepala KUA Ngasem, perkawinan tetap bisa dilakukan dan sah apabila persyaratan surat-surat telah terpenuhi semua serta mengganti proses pemeriksaan dokumen (rapak) pada saat sebelum akad nikah.Dengan adanya praktik rapak tanpa kehadiran calon suami ini, maka Kantor Urusan Agama diharap mampu memberikan solusi dalam hal penanganan kasus seperti ini, tujuannya agar masyarakat tertib akan prosedur yang sudah tercantum dan untuk kemaslahatan pegawai pencatatan nikah dan calon pengantin sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamaludin, Fuadfuadkamaludin393@gmail.comC01215015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSam'un, Sam'un--2008085901
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Perdata Islam
Keywords: Perniakahn; Rapak; Akad nikah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Fuad Kamaludin
Date Deposited: 20 Dec 2021 10:22
Last Modified: 20 Dec 2021 10:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51345

Actions (login required)

View Item View Item