Sejarah perkembangan Yayasan Al-Fahmi di Tambak Wedi Kenjeran Surabaya pada tahun 2007-2020 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiq, Moch Chisnur (2021) Sejarah perkembangan Yayasan Al-Fahmi di Tambak Wedi Kenjeran Surabaya pada tahun 2007-2020 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Chisnur Rofiq_A02214010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode yang yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari heurristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori social-institution atau lembaga kemasyarakatan adalah suatu himpunan atau norma-norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Latar belakang berdirinya Yayasan Al-Fahmi sebagain besar bersumber pada buah fikiran dan kekhawatiran pendiri yayasan sendiri. Beberapa buah fikiran dan kekhawatiran tersebut seperti berkembangnya teknologi, munculnya media sosial sebagai era baru, perkembangan transportasi, kenakalan remaja. Juga, minimnya saran pendidikan Islam di Surabaya Utara. (2) Terbentuknya Yayasan Al-Fahmi tidak terlepas dari peranan pendiri, yaitu KH. Mahfudz dan Renita Sari. Mereka membentuk Taman Pendidikan Al-Quran, Madrasah Diniyah, dan Madrasa Ibtida’iyah. (3) Perkembangan Yayasan Al-Fahmi, meliputi disahkannya pendirian yayasan dengan nama “Yayasan Al-Fahmi Tambak Wedi”, MI Al-Fahmi berhasi mendapatkan Ijin Pendirian/ Operasianal. MI Al-Fahmi semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat Surabaya Utara, khususnya daerah Tambak Wedi dan sekitarnya. Juga, perkembangan mengenai terciptanya peraturan-peraturan yang berkaitan dengan jalannya yayasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiq, Moch Chisnurjhoncopler27@gmail.comA02214010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDwi, Susantodwisusanto@gmail.com2021127702
Subjects: Pendidikan Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Sejarah perkembangan Yayasan AL-Fahmi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Moch Chisnur Rofiq
Date Deposited: 27 Dec 2021 14:27
Last Modified: 27 Dec 2021 14:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51413

Actions (login required)

View Item View Item