Tinjauan hukum pidana islam dan Hukum Positif terhadap kasus Pembunuhan Disertai Perkosaan: studi Kasus di Polres Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Rohmatul (2021) Tinjauan hukum pidana islam dan Hukum Positif terhadap kasus Pembunuhan Disertai Perkosaan: studi Kasus di Polres Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmatul Fadilah_C93217107.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi serta pembacaan literatur yang berkaitan dengan kasus tersebut yang selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tersangka mengalami gangguan jiwa (gila) yang telah dibuktikan dengan surat dari psikiater maka pihak dari Polres Bangkalan tidak bisa menindak lanjuti kasus ini serta gugurnya hukuman yang dapat dijatuhkan kepada tersangka. Baik menurut Hukum Pidana Islam ataupun Hukum Positifnya. Sebelum adanya penelitian secara langsung, penulis berpendapat bahwa tersangka layak dijatuhi hukuman sesuai dengan pasal 339 KUHP, yang mana segala syarat-syarat maupun unsur-unsurnya telah terpenuhi oleh tindakan yang telah dilakukan tersangka (Moh Toha) kepada korban (Siah). Dengan hukuman penjara seumur hidup atau penjara sementara selama-lamanya dua puluh tahun.
Berdasarkan uraian di atas, terdapat beberapa saran diantaranya: Pertama, hendaknya masyarakat lebih berhati-hati dalam menjaga dan juga mendidik anak gadisnya. Kedua aturan yang telah ditetapkan dalam KUHP diharap bisa memberikan efek jera kepada masyarakat. Ketiga, pihak kepolisian seharusnya menjalin komunikasi dengan orang-orang yang bersangkutan lebih baik lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Rohmatulrohmatulfadilah23@gmail.comC93217107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasyim, Muh. Fathonimufah.hasyim@gmail.com2010015601
Subjects: Hukum Islam > Pembunuhan
Hukum Islam > Pidana Positif
Keywords: Pembunuhan ; pemerkosaan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Rohmatul Fadilah
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:20
Last Modified: 13 Apr 2022 04:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51468

Actions (login required)

View Item View Item