Shalawat tibbil qulub sebagai terapi penenang jiwa penderita insomnia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maryudiana, Anila Janis (2022) Shalawat tibbil qulub sebagai terapi penenang jiwa penderita insomnia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anila Janis Maryudiana_E97217048.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang shalawat Tibbil Qulub sebagai terapi untuk penderita insomnia. Sudah tidak asing lagi mengenai insomnia ini, karena tak jarang setiap orang pernah mengalami gangguan tidur atau insomnia. Dari kalangan anak-anak sampai lansia pun ikut merasakan gangguan tidur, apalagi dari lingkaran usia dewasa awal yang sudah mulai memiliki tanggung jawab dalam hidupnya. Terutama mahasiswi akhir yang menjadi subjek dalam penelitian ini, karena di tengah status mereka sebagai mahasiswi, mereka juga mempunyai banyak beban dan tekanan yang harus dihadapi. Penyebab dan cara menyelesaikan dari insomnia subjek pun berbeda-beda. Namun, dalam penelitian ini menyajikan untuk mengatasi insomnia dengan cara yang sudah disarankan oleh Allah Swt yaitu bershalawat. Rumusan masalah yang diambil adalah 1) Apa makna dan fadhilah shalawat Tibbil Qulub untuk penenang jiwa? 2) Bagaimana implementasi dan pengamalan shalawat Tibbil Qulub bagi penderita insomnia? 3) Bagaimana pengaruh shalawat Tibbil Qulub sebagai terapi ketenangan jiwa penderita insomnia? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana shalawat Tibbil Qulub digunakan sebagai terapi untuk penderita insomnia. Dalam melaksanakan penelitian, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya terdiri dari observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Sumber data penelitian ini berasal dari sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer berasal dari subjek yang merupakan mahasiswi akhir sejumlah empat orang. Sementara sumber data sekunder berasal dari kepustakaan yang berhubungan dengan penelitian ini. Penelitian ini berlangsung selama 30 hari untuk empat subjek. Musik shalawat Tibbil Qulub didengarkan ketika hendak tidur. Dari praktek terapi tersebut kemudian dianalisis yang hasilnya berbentuk deskripsi. Hasil penelitian yang didapat yaitu shalawat Tibbil Qulub bisa digunakan sebagai media untuk membantu mengurangi insomnia pada subjek, jika dilakukan dengan yakin, pasrah, terus-menerus dan dengan keadaan rileks.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maryudiana, Anila Janisnilajanis@gmail.comE97217048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.com20207906
Subjects: Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Keywords: Shalawat Tibbil Qulub; Tenang; Insomnia.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Anila Janis Maryudiana
Date Deposited: 30 Jan 2022 09:05
Last Modified: 30 Jan 2022 09:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51638

Actions (login required)

View Item View Item