الأخطاء الإملائية في كتابة تاء التأنيث عند طلاب معهد مفتاح العلوم سورابايا Kesalahan imla’ dalam penulisan ta’ ta’nist pada siswa pondok pesantren Miftahul Ulum Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Soim, Moh. (2022) الأخطاء الإملائية في كتابة تاء التأنيث عند طلاب معهد مفتاح العلوم سورابايا Kesalahan imla’ dalam penulisan ta’ ta’nist pada siswa pondok pesantren Miftahul Ulum Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Soim_A71218061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan dalam mengebangkan berbahasa selain berbicara dan mendengar. Ilmu Imla’ ini merupakan salah satu ilmu yang penting bagi para siswa dan santri bahkan para mahasiswa yang sedang belajar Bahasa Arab. Meskipun di beberapa sekolah, pondok bahkan Universitas sudah mengajarkan tentang Imla’, namun relitanya masih saja ada siswa yang menulis teks Bahasa Arab tidak sesuai dengan kaidah Imla’ yang mereka pelajari. Dari paparan tersebut peneliti tertarik melakukan analisis kesalahan imla’ pada tulisan siswa Pondok Pesantren Miftahul Ulum Surabaya dalam kitab Ihya’ Ulumiddin karangan Imam Ghozali. Dengan rumusan masalah, apa saja macam-macam kesalahan imla’ di penulisan Ta’ ta’nist pada tulisan siswa Pondok Pesantren Miftahul Ulum Surabaya dalam kitab Ihya’ Ulumiddin karangan Imam Ghozali, bentuk-bentuk dan sebab-sebabnya. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan Teknik pengumpulan dalam dilakukan melalui Observasi, wawancara, pengujian dan dokumentasi. Adapun tahapan dalam menganalisis kesalahan yatu menentukan kesalahan, mendekripsikan kesalahan, menafsirkan sebab terjadi kesalahan, dan yang terakhir menbenarkan kesalahan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Macam kesalahan Ilmla’ dalam penulisan Ta’ Tanist ada 15 kesalahan dengan rincian 7 Ta’ Ta’nist Mabstuthoh, dan 8 ta’ ta’nist Marbuthoh. (2) Bentuk kesalahan dalam jema’ muannast salim ada 8 kesalahan, dan pada isim mufrad ada 7 kesalahan. (3) Kesalahan disebsbkan kerena kurangnya prakek, karena semua sudah di ajarkan oleh gurunya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Soim, Moh.abusaidsoim@gmail.comA71218061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, HusainUNSPECIFIED2003015601
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Analisis kesalahan; imla; ta tanist
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Moh Soim
Date Deposited: 25 May 2022 03:15
Last Modified: 25 May 2022 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51697

Actions (login required)

View Item View Item