تحليل أخطاء الإعرابية في كتابة الطلاب في دورة الأزهار بباري كديري

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardliyah, Muna Karimatal (2022) تحليل أخطاء الإعرابية في كتابة الطلاب في دورة الأزهار بباري كديري. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muna Karimatal Mardliyah_A01218021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk mempelajari seluk beluk Bahasa Arab, perlu mempelajari beberapa cabang ilmu kebahasaan, salah satunya yaitu Ilmu Nahwu. Menjadi induk dari beberapa cabang ilmu menjadikan Ilmu Nahwu sebagai salah satu kajian ilmu yang sangat penting. Ilmu Nahwu adalah ilmu yang mengupas tentang struktur dan kaidah-kaidah Bahasa Arab dalam penerapannnya pada bentuk kata atau kalimat. Bidang kajian yang paling utama dari Ilmu Nahwu ialah pembahasan tentang I’rab. I’rab merupakan aspek tata bahasa Arab yang mengatur perubahan bunyi kata. Adapun tanda I’rab ada empat, yakni rofa’, nasab, jer, dan jazm.Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui kemampuan para murid di lembaga kursus bahasa arab Al-Azhar Pare-Kediri dalam bidang Ilmu Nahwu dengan meneliti kesalahan-kesalahan I’rob melalui teks berbahasa Arab yang diberikan oleh peneliti. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis kesalahan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai bentuk kesalahan I’rab yang terjadi, serta untuk mengungkap faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan I’rab tersebut. Penelitian ini juga diharapkan untuk memberi solusi dan evaluasi terhadap pembelajaran Ilmu Nahwu di lembaga kursus bahasa arab Al-Azhar Pare-Kediri, serta untuk mengungkap perkembangan murid, khususnya dalam proses pembelajaran Ilmu Nahwu. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat tiga puluh kesalahan yang terjadi. Data yang diambil dari dua puluh anak di lembaga kursus bahasa arab Al-Azhar Pare-Kediri menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa kesalahan yang terjdi. Bentuk kesalahan yang ada dikelompokkan menjadi empat, yakni kesalahan i’rob rofa’, nasab, jar, dan jazm.Diantara faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan I’rob pada pembelajaran Bahasa Arab pada murid ialah kurang mampunya dalam menerapkan teori mengenai I’rob dalam prakteknya selama proses pembelajaran. Hal itu terjadi karena minimnya ingatan tentang materi-materi I’rob yang telah dipelajari, serta adanya perbedaan tingkatan keilmuan antara murid satu dengan yang lainnya, disebabkan oleh latar belakang pendidikan sekolah sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardliyah, Muna Karimatalmunakarimah2421@gmail.comA01218021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@yahoo.co.id2022127601
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Analisis Kesalahan Menulis; I’rab; Ilmu Nahwu.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muna Karimatal Mardliyah
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:00
Last Modified: 14 Feb 2022 02:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51764

Actions (login required)

View Item View Item