السجع في نظم العمريطي للشيخ شرف الدين يحيى

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hermawan, Nur Izza Firdausi (2022) السجع في نظم العمريطي للشيخ شرف الدين يحيى. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Izza Firdausi Hermawan_A91217127.pdf

Download (2MB)

Abstract

Syaikh syarifuddin yahya al imrithi merupakan salah satu ulama nahwu yang terkenal, karya nya banyak diminati dan dijadikan kajian wajib di seluruh pesantren di Indonesia. Nama lengkap beliau adalah “ Syaikh Syarifuddin Yahya bin Syaikh Bahruddin Musa bin Ramadhan bin umairah “. Namanya di nisbatkan kepada negeri Amrith, yaitu suatu daerah yang termasuk wilayah ibu kota mesir kairo di bagian timur negeri Bilbis, dekat dengan Sanikah. Dan salah satu karya beliau yang sangat terkenal adalah Nadham Imrithi. Selain kajian nahwu yang terkandung di dalamnya, juga terdapat banyak sajak. Sajak merupakan cabang dari ilmu badi’ (Balaghoh), pengertiannya sendiri adalah persesuaian dua kalimat atau lebih yang mempunyai akhiran dengan huruf yang sama. Sajak dibagi menjadi tiga macam yaitu sajak mutharraf, sajak mutawazzi, dan sajak murasha’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam macam sajak yang terkandung dalam nadham imrithi. Adapun metode yang digunakan peneliti dalam penelitan ini adalah metode kualitatif dengan teori ilmu balaghah. Metode kualitatif adalah suatu metode pengumpulan data tanpa disertai observasi di lapangan. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini, di temukan 3 macam sajak dalam nadham imrithi. Dengan perincian, ditemukan 147 bait nadhom termasuk sajak mutharraf, 73 bait nadham termasuk sajak mutawazzi, dan 3 bait nadham termasuk sajak murasha’.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hermawan, Nur Izza Firdausiizzafirdausi05@gmail.comA91217127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Fathurzidny_fathan@yahoo.com2025016901
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Sajak islam; Sajak dalam nadhom imrithi; syaikh syarifuddin yahya.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Unnamed user with email izzafirdausi05@gmail.com
Date Deposited: 09 Feb 2022 01:17
Last Modified: 09 Feb 2022 01:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51828

Actions (login required)

View Item View Item