Representasi rasisme dalam film Freedom Writers: analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sugiarto, Jery (2022) Representasi rasisme dalam film Freedom Writers: analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jery Sugiarto_B95218114.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, mengkaji bagaimana representasi Rasisme dalam film Freedom Writers?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan rasisme yang direpresentasikan dalam film Freedom Writers. Untuk memecahkan masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, peneliti menggunakan metode analisis teks media dengan pendekatan kritis. Yang berguna untuk memperoleh fakta, yang kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan menggunakan dasar pemikiran semiotika Roland Barthes. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa representasi rasisme digambarkan sebagai berikut ; 1) persepsi negatif terhadap ras lain memicu adanya tindakan rasisme lainnya. 2) pembentukan kelompok berdasarkan ras masing-masing. 3) terjadinya diskriminasi ras. 4) selalu mementingkan kelompoknya dibandingkan kelompok selainnya. 5) terjadinya kekerasan dan pembunuhan antar ras.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sugiarto, Jeryjery.sugiarto@gmail.comB95218114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPardianto, Pardiantopardianto@uinsby.ac.id2022067303
Subjects: Film
Keywords: Representasi; Rasisme; Film.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Jery Sugiarto
Date Deposited: 14 Feb 2022 12:50
Last Modified: 14 Feb 2022 12:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51935

Actions (login required)

View Item View Item