الأفعال المزيدة وفوائدها في كتاب الصلاة من بلوغ المرام

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur Hidayati Lailatul, Mubarokah (2020) الأفعال المزيدة وفوائدها في كتاب الصلاة من بلوغ المرام. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hidayati Lailatul Mubarokah_A01216040.pdf

Download (996kB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam pembahasan ini adalah: 1). Apa macam – macam fi’il mazid dalam bab shalat pada kitab Bulughul maram? 2). Apa faedah yang terdapat di bab shalat pada kitab bulughul maram? Tujuan pembahasan ini adalah umtuk mengetahui macam–macam Fi’il mazid serta faedahnya pada bab shalat dalam kitab Bulughul Maram. Dalam penulisan penelitian ini, penulis mengkaji tentang Fi’il mazid yang merupaka bagian dari kajian dari ilmu Sharf. Ilmu Sharf adalah ilmu yang membahas tentang bentuk kalimat Arab dan keadaannya. Kemudian Fi’il mazid yaitu Fi’ilatau kata kerja yang didalamnya mendapat tambahan huruf selain huruf aslinya yang memiliki fungsi berbeda – beda sesuai dengan penggunaan kata pada kalimat tersebut. Pada penelitian ini, peneliti menganalisis tentang Fi’il mazid yang terdapat dalam Bab shalat pada kitab Bulughul Maram dengan menggunakan Metode penelitian Deskripstif Kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Macam – macam Fi’il mazid pada Bab shalat dalam kitab Bulughul maram ada 3 macam, diantaranya Fi’il mazid bi harfin, Fi’il mazid bi harfain, Fi’il mazid bi tsalasi ahrufin. 2. Makna Fi’ilmazid yang terdapat padababshalatdalamkitabBulughulmaramada 16 macam, diantaranyayaituBi ma’na al-Mujarrod, Al-Ta’diyah, Al-Ittikhadhu al-Fi’l min al-Ismi, Li ma’na af’ala, Li ja’ala al-Fi’lmin al-Ismi, Li musyarokah,Li nisbah al-maf’ul ila ashli al-fi’il, Li muthowa’ah fa’ala,Al-mubalaghoh, Al-taklif, Li muthowa’ah af’ala Hushuliashlu al-fi’il marratan ba’da ukhro, Al-Thalab, Al-Ittikhad, Al-Ittikhadal-fi’il ashlu al-fi’il maf’ulan, Li wijdani ala al-shifah, Al-thalab al-fi’il.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur Hidayati Lailatul, Mubarokahlailatul19298@gmail.comA01216040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdul Wahab, Naf'anrwnria@gmail.com2002028002
Subjects: Morfologi
Salat
Linguistik
Keywords: Af’alu al-mazidah; makna dan bab shalat Bulughul Maram
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nur Hidayati Lailatul Mubarokah
Date Deposited: 16 Feb 2022 02:01
Last Modified: 16 Feb 2022 02:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51998

Actions (login required)

View Item View Item