Analisis hukum Islam terhadap persepsi istri dalam mempertahankan rumah tangga ketika suami di penjara karena menghamili anak kandung: studi kasus di Desa Banjarsari Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyanto, Ajrul Basyari (2021) Analisis hukum Islam terhadap persepsi istri dalam mempertahankan rumah tangga ketika suami di penjara karena menghamili anak kandung: studi kasus di Desa Banjarsari Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ajrul Basyari Cahyanto_C01217006-nama sumber disamarkan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Persepsi Istri Dalam Mempertahankan Rumah Tangga Ketika Suami Di penjara karena menghamili anak kandung studi kasus di Desa Banjarsari Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik” yakni sebuah penelitian lapangan dengan tujuan untuk menjawab sebuah pertanyaan tentang Bagaimana argumentasi istri dalam mempertahankan rumah tangga ketika suami di penjara karena menghamili anak kandung di Desa Banjarsari Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik dan Bagaimana analisis hukum islam terhadap argumentasi istri dalam mempertahankan rumah tangga ketika suami di penjara karena menghamili anak kandung di Desa Banjarsari Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Sumber data penelitian ini yakni diambil dengan wawancara serta dokumentasi yang ditujukan kepada istri yang bertahan dalam perkawinan dengan keadaan suami di penjara karena menghamili anak kandung dan analisis ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif-kualitatif, yakni merupakan metode dengan menggambarkan serta menafisirkan data-data yang terkumpul yang menggunakan pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa yang pertama, berdasarkan penelitian terhadap persepsi istri dalam mempertahankan rumah tangga ketika suami dipenjara karena mengahamili anak kandung Bahwa persepsi istri ini yakni sang istri mempunyai komitmen dan keteguhan yang sangat kuat dengan sikap ketabahannya serta kesabarannya dalam menghadapi ujian kehidupannya, sang istri juga sangat mencintai suaminya serta sang istri selalu menghormati suaminya karena suaminya sudah menerima sang istri dengan apa adanya meskipun keadaan sang istri sedikit cacat fisik, dan tidak mau kalau anak- anaknya dan dirinya sendiri nanti tidak bersama ayah kandungnya, dan dia juga berusaha dan bekerja keras untuk menghidupi ketiga anaknya sampai sukses meskipun tanpa seorang ayah yang biasanya mendampinginya. Persepsi sang istri ini yakni sang istri ingin mewujudkan tujuan yang baik bagi dirinya maupun suaminya serta membentuk keluarga yang sakinah,mawaddah, dan warrohmah , keteguhan sang istri ini yakni masih sejalan dalam Hukum Islam hal tersebut terdapat pada tujuan perkawinan. dengan keinginan sang istri agar tujuannya bahwa sang suaminya berubah dan bisa lebih baik lagi ketika nanti dia keluar dari dalam penjara. Jika ditinjau menurut tingkatan Dharuriyat (primer), Hajiyat (skunder) dan Tahsniyat (tertier), adapun alasan istri tidak mengajukan gugat cerai dapat tergolong dalam tingkatan Dharuriyat (primer). Dalam pembahasan kesimpulan di atas ada beberapa saran yakni yang pertama Kepada pihak istri maupun pihak suami hendaknya terus selalu bersabar dalam menghadapi ujian apapun itu di dalam keluarga hingga bisa menciptkan keluarga yang indah dan harmonis. Dan juga kepada saudara-saudara pihak sang istri maupun dari pihak sang suami yang masih berada di dalam penjara apakah bisa untuk dimintai memberi bantuan dalam mencukupi kehidupannya istri ataupun tidak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyanto, Ajrul Basyariajrulbasyaricahyanto@gmail.comC01217006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSam'un, Sam'unUNSPECIFIED2008085901
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Keywords: Hamil; cabul; anak kandung
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2022 08:04
Last Modified: 10 Feb 2022 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52014

Actions (login required)

View Item View Item