Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Domestik Yayasan Pondok Pesantren Al-Jaly Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Hedry Arya (2022) Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Domestik Yayasan Pondok Pesantren Al-Jaly Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hedry Arya Pratama_H75218029.pdf

Download (5MB)

Abstract

Beragam aktivitas manusia menimbulkan timbulan air limbah domestik. Air limbah domestik merupakan air limbah yang berasal dari kegiatan rumah tangga, perkantoran hingga sarana pendidikan. Air limbah domestik terdiri dari grey water dan black water. Grey water merupakan air limbah yang berasal dari dapur, cucian, kamar mandi terkecuali kloset. Black water merupakan air limbah yang berasal dari kloset. Setiap kegiatan yang menghasilkan air limbah harus mengolahnya sebelum masuk ke badan air berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No 68 Tahun 2016. Pondok Pesantren Al-Jaly merupakan yang bergerak dalam bidang pendidikan seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga asrama. Penghuni Pondok Pesantren Al-Jaly berjumlah 253 orang. Kegiatan sarana pendidikan di Pondok Pesantren Al-Jaly menimbulkan air limbah domestik yang dihasilkan dari kegiatan Mandi, Cuci, Kakus (MCK). Penanganan dan pengolahan air limbah domestik di Pondok Pesantren Al-Jaly masih belu bagus, maka dilakukanlah perencanaan terkait pengolahan air limbah domestik dengan menggunakan instalasi pengolahan air limbah sesuai dengan karakteristik air limbah. IPAL yang direncanakan berupa IPAL Biofilter Aerob dengan perhitungan debit air limbah yang masuk adalah sebesar 48,58 m3/hari. Pengolahan air limbah dengan Biofilter Aerob mampu menurunkan kadar BOD hingga 95% dan juga kadar COD hingga 90%. Total Rencana Anggaran Biaya pada perencanaan ini adalah sebesar Rp. 243.046.000.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Hedry Aryahedryarya@gmail.comH75218029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPribadi, Arqowiarqowi.pribadi@uinsby.ac.id198701032014031001
Thesis advisorNengse, Sulistiyasulistiya.nengse@uinsby.ac.id199010092020122019
Subjects: Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Teknik Sipil
Keywords: Air Limbah Domestik; Biofilter Aerob; Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Hedry Arya Pratama
Date Deposited: 26 Feb 2022 05:25
Last Modified: 26 Feb 2022 05:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52101

Actions (login required)

View Item View Item