Analisis semiotika representasi humanisme dalam film "Hari yang Dijanjikan"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Septiyan Asmaul Nur (2022) Analisis semiotika representasi humanisme dalam film "Hari yang Dijanjikan". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septiyan Asmaul Nur Azizah_B95218136.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena yang relate di masyarakat yaitu mengenai isu Humanisme. Dari sekian banyak fenomena, peneliti menggunakan Humanisme sebagai focus penelitian dalam film ““Hari yang Dijanjikan””. Penelitian ini membahas tentang bagaimana representasi Humanisme dalam Film “Hari yang Dijanjikan”. Pada penelitian kali ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkritisi bagaimana nilai nilai dan rasa kemanusiaan direpresentasikandalam film ““Hari yang Dijanjikan””. Untuk mendeskripsikan representasi Humanisme dalam film, selain itu peneliti juga menggunakan metode analisis teks media John Fiske. Hasil dari penelitian ini terbagi menjadi tiga level diantaranya level realitas humanisme dipaparkan dalam keadaan yang saling tolong menolong dan peduli terhadap sesama tanpa memandang siapa orang yang ditolong. Untuk kode ekspresinya digambarkan dengan wajah yang sumringah ketika menolong, terlihat kesal dan marah melihat seseorang mampu melakukan hal yang tidak manusiawi. Selanjutnya untuk level kedua yaitu level representasi dipaparkan dengan cara Teknik pengambilan gambar dalam film ““Hari yang Dijanjikan”” sehingga dapat terlihat jelas gesture dan ekspresi tokoh yang ada dalam film. Level ketiga yaitu ideologi, salah satu nilai yang diambil adalah social support.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Septiyan Asmaul Nurseptiyanazizah11@gmail.comB95218136
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Alialinurdinlmg@gmail.com2002067101
Subjects: Film
Keywords: Representasi; humanisme; film
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Septiyan Azizah
Date Deposited: 16 Feb 2022 15:19
Last Modified: 16 Feb 2022 15:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52109

Actions (login required)

View Item View Item