Teknik teknik konseling dalam penanganan Borderline Personalty Disorder (BPD) pada drama Korea Fix You

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Annisatussholikhah, Annisatussholikhah (2022) Teknik teknik konseling dalam penanganan Borderline Personalty Disorder (BPD) pada drama Korea Fix You. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisatussholikhah_B03218008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam era modern yang banyak menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana mendapatkan informasi, seperti melalui drama korea Tidak semua drama korea hanya menjadikan alur cerita romantis atau dramatis, tetapi drama korea memiliki genre yang membahas tentang kesehatan mental, seperti “Fix You”. Dalam drama “Fix You”, memperlihatkan ciri-ciri yang di alami oleh seorang penderita gangguan kepribadian Borderline Personality Disorder. Seperti emosi tidak terkontrol, perilaku implusif, hingga menyakiti diri sendiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, karena data yang didapatkan adalah data deskriptif, yang tidak bisa diwakili dengan angka atau statistik, agar dapat dideskripsikan dengan baik dan secara rinci, sesuai dengan fakta yang ada di dalam drama korea “Fix You “. Hasil penelitian menunjukkan, jika psikoanalisa merupakan teknik yang digunkan dalam menangani gangguan kepribadian Borderline Personality Disorder, tetapi ternyata beberapa teknik konseling lain, seperti teknik memantulkan pernyataan dan perasaan yang merupakan salah satu teknik humanistik, dan teknik reinforcement dalam teori Cognitive Behavior Therapy, juga dapat menjadi teknik dalam penanganan Borderline Personality Disorder.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Annisatussholikhah, Annisatussholikhahannisatusholikhah@gmail.comB03218008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Mohamadmohamadthohir@uinsby.ac.id2017057902
Subjects: Bimbingan Konseling
Perilaku
Film
Keywords: Korean drama; Borderline Personalty Disorder; psychoanalysis; Cognitive Behavior Therapy; humanistic
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Annisatus Sholikhah
Date Deposited: 17 Feb 2022 10:10
Last Modified: 17 Feb 2022 10:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52116

Actions (login required)

View Item View Item