Kebijakan kepala sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan Inklusi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Desyana Royi Nurul (2021) Kebijakan kepala sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan Inklusi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Desyana Royi Nurul Ummah_D03215004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membawakan judul Kebijakan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Pendidikan Inklusi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 13 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kebijakan Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan inklusi di SMP Negeri 13 Surabaya dan mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung kebijakan Kepala Sekolah. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru inklusi, dan orang tua. Objek penelitian ini adalah kebijakan kepala sekolah dalam penerapan pendidikan inklusi. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan Pendidikan Inklusi meliputi pembuatan program kerja tahunan pendidikan inklusi, proses penerimaan siswa baru berkebutuhan khusus yang diawali dengan pengidentifikasian ketunaan siswa, penyusunan kurikulum dengan kondisi siswa berkebatasan, dan ruang pintar sebagai tempat pembelajaran di luar kelas siswa berkebutuhan khusus. (2) terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dari kebijakan kepala sekolah dalam mengimplementasikan Pendidikan inklusi yang sudah sesuai teori dan yang tidak sesuai pada kondisi lapangan di sekolah SMP Negeri 13 Surabaya beserta dengan solusi yang sudah dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Desyana Royi NurulDesyanaroyi38@gmail.comD03215004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah AM, Mukhlishah AMmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Kebijakan kepala sekolah; faktor pendukung; faktor penghambat; pendidikan inklusi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2022 14:26
Last Modified: 18 Feb 2022 14:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52175

Actions (login required)

View Item View Item