Algoritma media sosial dalam film dokumenter The Social Dilemma

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmadani, Desy (2022) Algoritma media sosial dalam film dokumenter The Social Dilemma. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Desy Rahmadani_B75218047.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan frame algoritma pada media sosial dalam film dokumenter The Social Dilemma dilihat dari analisis framing model William A. Gamson dan Andre Modigliani serta untuk mengetahui dan menjelaskan algoritma media sosial dibingkai dalam mendukung isu sosial yang direpresentasikan pada film dokumenter The Social Dilemma.Peneliti menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan jenis penelitian analisis framing model William A Gamson dan Andre Modigliani. Analisis ini membagi perangkat menjadi dua, yaitu perangkat framing dan perangkat penalaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruktivisme dan teori agenda setting. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pada perangkat framing, metaphors menyebutkan bahwa media sosial adalah narkoba. Catchphrases ditunjukkan pada kalimat berubahnya era informasi ke era disinformasi. Exemplaar berasal dari hasil wawancara dengan para mantan pegawai untuk memperjelas bingkai. Depiction melalui kalimat, pengguna media sosial merupakan kelinci percobaan. Dan visual images dari cuplikan film berupa gambar yang mampu mendukung bingkai. 2) Pada perangkat penalaran, roots menunjukkan bahwa pengguna adalah produk. Appeals to principal memberikan moral hilangnya interaksi keluarga karena sibuk dengan gawai. Dan consequences berupa ajakan untuk mematikan notifikasi. 3) Algoritma dibingkai mendukung isu sosial dari hasil wawancara hasil belajar dari para ahli yang kemudian divisualisasikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmadani, Desydesyradani@gmail.comB75218047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Media Massa
Film
Keywords: Algoritma media sosial; film dokumenter; Analisis Framing.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Desy Rahmadani
Date Deposited: 22 Feb 2022 01:33
Last Modified: 02 Mar 2022 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52191

Actions (login required)

View Item View Item