السجع والجناس في منظومة عقيدة العوام للسيد أحمد المرزوقي (الدراسة البلاغية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Ucik Nurul (2021) السجع والجناس في منظومة عقيدة العوام للسيد أحمد المرزوقي (الدراسة البلاغية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ucik Nurul Hidayati_A91217142.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ilmu Balaghah terdiri dari 3 bagian yaitu Ilmu Bayan, Ilmu Ma’ani dan Ilmu badi’. Semuanya membahas tentang masalah tata bahasa. Dalam penelitian ini membahas tentang Ilmu Badi’ yaitu ilmu yang mempelajari tentng tentng keindahan suatu kalimat baik dari segi makna ataupun lafadznya.Dalam penelitian Nadhom Aqidatul Awwam ini dibangun atas 2 rumusan masalah : 1. Apa macam-macam Saja’ dalam Nadhom Aqidatul Awwam karya syaid Ahmad Marzuki?. 2. Apa macam-macam jinas dalam Nadhom Aqidatul Awwam karya Syaid Ahmad Marzuki?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui macam-macam jinas dan saja’ dalm Nadhom Aqidtul Awwam yg telah dkarang oleh Syaid Ahmad Marzuki. Metode yang digunkan dalam melakukan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, kulitatif adalah metode yng lebih menekankan pada aspek pemahaman kualitas secara mendalam terhadap suatu masalah dan dan hasil penelitinnya bukan berupa angka-angka. menggunakan teori penelitian Balaghah dari segi Ilmu Badi’.Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa dalam Nadhom Aqidatul Awwam karya Syaid Ahmad Marzuki terdapat 13 Jinas (2 berupa Jinas Tam dan 11 berupa Jinas Ghairu Tam) dan terdapat 42 Jinas (24 Jinas , 16 jinas , dan 2 Jinas Mursho’).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Ucik Nuruluciknurulhidayati81@gmail.comA91217142
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@yahoo.co.id2022127601
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Saja'; Jinas; Syaid Ahmad Marzuki; nadhom Aqidatul Awwam.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ucik Nurul Hidayati
Date Deposited: 25 Feb 2022 07:22
Last Modified: 25 Feb 2022 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52264

Actions (login required)

View Item View Item