Penerapan metode murottal dalam permainan kartu huruf hijaiyah untuk meningkatkan daya ingat anak usia dini di Kelompok A TK Dharma Wanita Kayen Kidul Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Binti (2022) Penerapan metode murottal dalam permainan kartu huruf hijaiyah untuk meningkatkan daya ingat anak usia dini di Kelompok A TK Dharma Wanita Kayen Kidul Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Binti Rahmawati_D09217003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan yang disusun dalam menerapkan metode murottal dalam permainan kartu huruf hijaiyah, mendeskripsikan penerapan metode murottal dalam permainan kartu huruf hijaiyah, dan mendeskripsikan kelebihan serta kekurangan penerapan metode murottal untuk meningkatkan daya ingat anak di kelompok A TK Dharma Wanita Kayen Kidul Kediri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam megukur apakah adanya peningkatan daya ingat terhadap anak menggunakan metode check list dengan skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan menyusun metode murottal dalam permainan kartu huruf hijaiyah perlu mempersiapkan rancangan pembelajaran guna mengetahui aspek perkembangan, kegiatan yang akan dilaksanakan, waktu kegiatan, dan media pembelajaran berupa kartu huruf hijaiyah yang akan digunakan dalam pembelajaran. Dalam penerapannya diawali dengan memutar video yang berisi huruf hijaiyah dan anak-anak melihat secara bersama. Kemudian masuk dalam kegiatan permainan kartu huruf hijaiyah yang didalamnya terdapat kegiatan menebak huruf yang ada dalam kartu huruf hijaiyah, melafalkan huruf hijaiyah, mengurutkan beberapa huruf hijaiyah, dan menulis huruf hijaiyah. Setelah penerapan metode murottal dalam permainan kartu huruf hijaiyah kemampuan mengingat anak tentang huruf hijaiyah mengalami peningkatan yang didasarkan pada hasil observasi secara checklist. Kelebihan dari metode murottal dalam permainan kartu huruf hijaiyah adalah termasuk pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif, dimana mengajak anak untuk melihat video kemudian memberikan permainan dengan tebak kartu huruf hijaiyah yang melatih anak untuk unjuk gigi menyuarakan pendapatnya, dan melatih anak untuk berani maju ke depan kelas. Sementara kelemahannya adalah terdapat anak-anak yang kurang jelas dalam melihat video dikarenakan pemutaran video yang melalui laptop saja, dan anak-anak juga terhalang teman yang duduk di depannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Bintibintirahmawati0707@gmail.comD09217003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Metode murottal; permainan kartu huruf hijaiyah; daya ingat anak.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Binti Rahmawati
Date Deposited: 25 Feb 2022 13:06
Last Modified: 25 Feb 2022 13:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52266

Actions (login required)

View Item View Item