Analisis maslahah terhadap perbandingan hukuman bagi koruptor dalam Pasal 603 dan 604 RKUHP Tahun 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifah, Khilyatin Nimatus (2021) Analisis maslahah terhadap perbandingan hukuman bagi koruptor dalam Pasal 603 dan 604 RKUHP Tahun 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khilyatin Nimatus Syarifah_C03217017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Maslahah Terhadap Perbandingan Hukuman Bagi Koruptor Dalam Pasal 603 Dan 604 RKUHP” merupakan hasil studi kepustakaan guna memberi jawaban atas pertanyaan yang ada pada rumusan masalah bagaimana bentuk hukuman bagi koruptor pada pasal 604 RKUHP serta bagaimana analisis masl aha h terhadap perbandingan hukuman bagi koruptor pada pasal ini. Penelitian yang digunakan adalah melalui penelitian dibidang hukum pidana. Data ini dihimpun melalui studi kepustakaan yakni dengan teknik bedah pasal, dokumentasi dan kepustakaan. Setelah dokumen yang dibutuhkan terkumpul maka dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan metode induktif melalui buku-buku hukum, literatur-literatur hukum keislaman, serta Undang-Undang. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa hukuman yang tertera pada pasal 603 dan 604 RKUHP Tahun 2019 lebih ringan daripada hukuman pada pasal tipikor sebelumnya, pertimbangannya adalah apabila pasal 603 dan 604 RKUHP ini diterapkan, dikhawatirkan angka koruptor di Indonesia semakin bertambah dan kemaslahatan sulit ditegakkan karena hukuman yang diterapkan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sebelumnya. Oleh karena itu, seyogyanya pemerintah bisa lebih mempertegas hukuman yang ada di Indonesia, terkhusunya dalam hal ini hukuman untuk pelaku tindak pidana korupsi, kiranya dengan adanya ketegasan hukuman dapat menghilangkan kemafsadatan dan mewujudkan kemaslahatan melalui terminimalisirnya angka koruptor di negeri ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifah, Khilyatin Nimatuskhilyasyarifah992@gmail.comC03217017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsuri, Syamsurisyamhass@gmail.com2029107201
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Korupsi
Keywords: Perbandingan hukuman; koruptor
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2022 07:19
Last Modified: 01 Mar 2022 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52300

Actions (login required)

View Item View Item