Implementasi prodistik sebagai ekstrakurikuler dalam pengembangan hard skill siswa di MAN Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Lindah Ayu (2022) Implementasi prodistik sebagai ekstrakurikuler dalam pengembangan hard skill siswa di MAN Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lindah Ayu Lestari_D93217062.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Implementasi Prodistik Sebagai Ekstrakurikuler Dalam Pengembangan Hard Skill Siswa di MAN Sidoarjo dilatar belakangi bahwa dalam dunia pendidikan memerlukan ketersediaan suatu teknologi. Salah satunya yaitu dengan program teknologi yang dilaksanakan oleh madrasah yaitu program pendidikan terapan bidang teknologi informasi dan komunikasi (Prodistik) yang bekerja sama dengan ITS. Penelitian bertujan untuk mendeskripsikan implementasi Prodistik sebagai ekstrakurikuler di MAN Sidoarjo, mendeskripsikan pengembangan hard skill siswa di MAN Sidoarjo, mengetahui alasan mengapa implementasi prodistik sebagai ektrakurikuler dalam pengembangan hard skill siswa di MAN Sidoarjo, mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi Prodistik sebagai ektrakurikuler dalam pengembangan hard skill siswa di MAN Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik pemngambilan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsaan data menggunakan triangulasi sumber, trianggulasi sumber data, dan trianggulasi metode Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) Impelemtasi Prodistik sebagai ekstrakurikuler. Prodistik merupakan program ekstrakurikuler, salah satu program yang bekerja sama dengan ITS. kegiatan dalam pelaksanaan ini didalam laboratorium komputer atau diruang kelas dengan menggunakan komputer. (2) pengembangan hard skill siswa, dapat mengembang dengan cara penilaian yang dilakukan dengan proses penilaian UTS dan UAS. Tidak hanya itu melainkan dengan banyaknya prestasi yang dimiliki oleh siswa dan tugas akhir dengan membuat sebuah produk. Seperti keterampilan teknis, ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi. (3) Implementasi Prodistik dilaksanakan di MAN Sidoarjo adalah SDM yang berkualitas, madrsah menjadi madrasah unggulan dan menjadikan siswa lebih memahami dunia IT. (4) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan prodistik di MAN Sidoarjo adalah sarana prasana yang memadahi, guru yang berkompeten, anggaran dana dan wali murid siswa. Sedangkan faktor untuk penghambatnya adalah jadwal guru yang tidak sesuai, semangat siswa dan terdampak adanya covid-19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Lindah Ayulindahayu.240@gmail.comD93217062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, ImamUNSPECIFIED2012085201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Pendidikan > Sumber Daya Manusia
Pendidikan > Ekstrakurikuler
Keywords: Implementasi prodistik sebagai ekstrakurikuler; pengembangan hard skill siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2022 05:02
Last Modified: 02 Mar 2022 05:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52333

Actions (login required)

View Item View Item