Perancangan Kawasan Wisata Edukasi Lumpur Lapindo Sidoarjo dengan pendekatan ekologi arsitektur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatulloh, Moch. Hafid (2022) Perancangan Kawasan Wisata Edukasi Lumpur Lapindo Sidoarjo dengan pendekatan ekologi arsitektur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Hafid Hidayatulloh_H03217011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk terciptanya suatu desain Kawasan Wisata Edukasi Lumpur Lapindo yang dapat mewadahi sejarah kelam bencana semburan lumpur sidoarjo melalui media interaktif berupa atrium miniatur lapindo, area display, area hologram, area video mapping, dan mini teater yang berfungsi secara edukasi pada dalam ruang, adapun pada luar ruang yakni terdapat edukasi menanam pohon, edukasi pengolahan limbah lumpur yang dijadikan sebagai bata dan kerajinan, tentunya hal ini diharapkan agar mengurangi ketidakseimbangan alam yang mana upaya pemerintah selalu meninggikan tanggul dan membuang lumpur ini di sungai porong sehingga selain dapat menghentikan pembuangan di sungai juga dapat menambah ekonomi daerah kabupaten sidoarjo khususnya 3 kecamatan yang terdampak. Berdasarkan hasil penelitian ini berupa sebuah tempat wisata edukasi didalamnya terdapat sarana edukasi interaktif serta sarana edukasi atraktif tentang pemanfaatan limbah lapindo yang dapat dijadikan bahan material bangunan dan kerajinan yang mana selain dapat mengurangi atau mengatasi pembuangan lumpur yang kini dibuang ke sungai yang dapat mengakibatkan kerusakan alam tentunya bisa diolah menjadi bata lapindo dan kerajinan hal ini tentunya menambah pendapatan warga sekitar. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian ini, yaitu terkait sumber daya manusia yang belum memaksimalkan terkait lumpur tersebut untuk dikembangkan lebih lanjut seperti dibuat bahan material bangunan yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatulloh, Moch. Hafidhafidhirokiyo@gmail.comH03217011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, Ritarita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Pariwisata
Keywords: Wisata Edukasi Lumpur Lapindo; pengolahan limbah lumpur; sumber daya manusia; pemanfaatan limbah lumpur
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2022 14:10
Last Modified: 08 Mar 2022 14:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52380

Actions (login required)

View Item View Item