Penerapan metode Ummi pada pembelajaran membaca Al Quran secara daring di Raudlotul Athfal Perwanida Ketintang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Miftakhul (2022) Penerapan metode Ummi pada pembelajaran membaca Al Quran secara daring di Raudlotul Athfal Perwanida Ketintang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakhul Jannah_D99217072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara Daring karena Pandemi Covid-19. Lembaga sekolah tetap harus memberikan hak anak untuk mendapatkan pendidikan dasar meski dilakukan secara jarak jauh dengan tetap mepertimbangkan kemapuan belajar dan perkembangan anak. RA Perwanida Ketintang Surabaya memberikan pendidikan dasar beragama dan keterampilan dasar yakni membaca al-Qur’an untuk peserta didiknya dengan metode Ummi secara Daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Ummi pada pembelajaran membaca al-Qur’an secara Daring di RA Perwanida Ketintang Surabaya, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat serta hasil belajar dari penerapan metode Ummi pada pembelajaran membaca al-Qur’an secara Daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa RA Perwanida melaksanakan penerapan metode Ummi secara Daring dengan bekerjasama dengan Ummi Foundation. Penerapan tersebut dilakukan oleh guru Ummi Foundation menggunakan telepon video dan pengiriman video secara Daring dan sekolah berperan sebagai fasilitator. Faktor yang menghambat penerapan adalah terkendalanya murid saat pembelajaran, tuntuan prestasi dari orangtua, dan koordinasi dengan guru Ummi. Faktor pendukung penerapan metode Ummi secara Daring adalah guru yang sudah sesuai standar Ummi, pembelajaran yang singkat namun penuh pendampingan, dan apresiasi dari sekolah yang dapat memotivasi murid. Hasil dari penerapan metode Ummi adalah anak mampu membaca al-Qur’an sesuai kaidah, tajwid, dan tartil sesuai dengan kemampuan dan perkembangan anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Miftakhulmiftajannah27@gmail.comD99217072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorHernik, HernikUNSPECIFIED201409007
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Penerapan; metode Ummi; daring
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2022 14:21
Last Modified: 08 Mar 2022 14:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52381

Actions (login required)

View Item View Item