تغييرات الأوزان العروضية في شعر المديح لأمية بن أبي الصلت

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Audia Ayudi Eka (2022) تغييرات الأوزان العروضية في شعر المديح لأمية بن أبي الصلت. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Audia Ayudi Eka Putri_A01218008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Puisi Arab memiliki ciri khas berupa wazan yang mempengaruhi kekuatan ungkapan, keindahan, kedalaman makna dan kesesuaian pelafalan, serta berguna dalam pembuatan dan penentuan pola puisi. Salah satunya puisi pujian (madh) karya Umayyah bin Abi as-Shilt. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang perubahan wazan arudl dalam puisi pujian (madh) karya Umayyah bin Abi as-Shilt.Penelitian ini fokus pada: 1) bagaimana wazan yang terdapat dalam puisi pujian (madh) karya Umayyah bin Abi as-Shilt?; 2) bagaimana perubahan wazan yang terdapat dalam puisi tersebut?.Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Data yang didapat dalam penelitian ini diambil dari 18 bait puisi pujian (madh) karya Umayyah bin Abi as-Shilt, kemudian dianalisis dengan teknis deskriptif dan menggunakan teori ilmu arudl.Penemuan hasil penelitian dan penemuan menunjukkan bahwa: 1) Umayyah bin Abi as-Shilt menggunakan wazan bahr thawil pada bait 1-5 dan wazan bahr wafir pada bait 6-18. 2) Perubahan wazan pada bait 1-5 disebabkan oleh zihaf qabdh ( Pembuangan huruf kelima yang mati ) yang masuk pada taf’ilah mafā’īlun menjadi mafā’ilun. Selain itu, terdapat perubahan wazan pada bait 6-18 berupa zihaf ‘ashab ( Mematikan huruf kelima yang hidup/berharakat ) yang masuk pada taf’ilah mūfā’alatun menjadi mūfā’altun dan pindah ke mafā’īlun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Audia Ayudi Ekaaudiaputri2106@gmail.comA01218008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamalkamalinev@gmail.com2006067901
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Puisi
Keywords: Perubahan Wazan; Ilmu Arudl; Puisi; Umayyah bin Abi as-Shilt.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Audia Ayudi Eka Putri
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:10
Last Modified: 11 Apr 2022 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52477

Actions (login required)

View Item View Item