Implemantasi etika bisnis Islam pada Ritel Syariah di Minimarket Kancakona Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawwarah, Madinatul (2021) Implemantasi etika bisnis Islam pada Ritel Syariah di Minimarket Kancakona Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Madinatul Munawwarah_G04217032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Etika bisnis islam merupakan suatu aturan, nilai, dan norma yang didasari oleh Al-Qur’an dan Hadis yang dijadikan pedoman berjalannya suatu bisnis supaya tidak melenceng dari lingkup Syariah. Tinjauan yang di kaji yaitu pada konsep aksioma diantaranya keesaan (Tauhid), keseimbangan/ kesejajaran (al-Adl wa Al-Ihsan), kehendak bebas (ikhtiyar-Freewill), dan tanggung jawab (Fardh). Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana sistem kerja yang di berlakukan dan bagaimana konsep syariah yang di terapkan di minimarket syariah studi kasus penelitian dilakukan di minimarket Kancakona Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat selanjutnya di analisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa sistem kerja pada minimarket Kancakona dibentuk berdasarkan tata kerja dan prosedur kerja. Tata kerja yang terdiri dari kriteria karyawan, kerjasama dengan mitra dan produsen, pelayanan dengan konsep 4S 1T (senyum, salam, sapa, sopan santun dan terimakasih). Prosedur kerja yang terdiri dari SOP, disiplin kerja, dan pemilihan produk dari supplier. Pada implementasi konsep aksioma minimarket Kancakona telah menerapkan dengan baik namun ada beberapa hal yang belum maksimal yaitu menjual produk rokok yang belum jelas kehalalannya, tidak mencantumkan harga secara transparan, ketidak sesuaian menjalankan peran bisnis ritel sebagai distributor akhir serta fasilitas AC dan tempat parkir yang kurang memadai. Kata kunci : Etika bisnis islam, Sistem kerja, Minimarket syariah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawwarah, MadinatulMadinatulmunawwarah817@gmail.comG04217032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNajah, Ahmadunahmadun.najah@yahoo.com197709152005011004
Subjects: Ekonomi Islam
Bisnis
Keywords: Etika bisnis islam; Sistem kerja; Minimarket syariah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Madinatul Munawwarah
Date Deposited: 26 Mar 2022 09:05
Last Modified: 26 Mar 2022 09:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52532

Actions (login required)

View Item View Item