Penerapan media Pop Up Book pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak untuk mengetahui hasil belajar siswa di MTsN 1 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustira, Nurdiana (2021) Penerapan media Pop Up Book pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak untuk mengetahui hasil belajar siswa di MTsN 1 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurdiana Agustira_D01216029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan berperan penting untuk mengembangkan sumber daya manusia khususnya pada pengembangan karakter akhlak terpuji. Namun masih banyak para guru yang kurang mampu dalam menyampaikan materi, sehingga siswa merasa jenuh saat pembelajaran. Maka dari itu guru Akidah Akhlak menyarankan untuk mengajar dengan media yang sesuai dengan kondisi siswa, dan media pop up book menjadi salah satu penunjang proses pembelajaran di MTsN 1 Mojokerto. Tujuan penelitihan ini yaitu; 1) Untuk mengetehui hasil belajar siswa dalam pelajaran Akidah Akhlak pada kelas yang menggunakan media pop up book dan yang tidak menggunakan media pop up book, 2) Untuk mengetahui komparasi hasil belajar siswa yang menggunakan media Pop Up Book dengan yang tidak menggunakan Media Pop Up book, 3) Untuk mengetahui fungsi penerapan media pop up book terhadap hasil belajar siswa MTsN 1 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian kuasi eksperimen ini terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kelompok eksperimen melaksanakan pembelajaran menggunakan media pop up book, sedangkan pada kelompok kontrol diberi perlakuan hanya dengan metode konvensional, yang akan dibandingkan hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Hasil belajar siswa dalam pelajaran Akidah Akhlak dengan menerapkan media pop up book di kelas VII A lebih baik dari pada yang tidak menerapkan media pop up book seperti di kelas VII B. Dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest kelas VII A adalah 86, sedangkan nilai rata-rata dari posttest kelas VII B adalah 71, 2) Perbedaan pada keduanya dibuktikan dari hasil hipotesis yang diukur dengan menggunakan uji “t” dengan hasil yang diperoleh, Thitung = 6,19 lebih besar dari Ttabel = 2,01. 3) Fungsi media pop up book yaitu; mempermudah pemahaman siswa, menarik perhatian siswa, dapat memvisualisasikan fakta-fakta yang abstrak dan memperjelas sajian materi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustira, Nurdianadianaagustina08@gmail.comD01216029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Penerapan; Pop Up Book; hasil belajar; Akidah Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2022 08:37
Last Modified: 22 Mar 2022 08:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52550

Actions (login required)

View Item View Item