العناصر الداخلية في مسرحية "ليلة 15 مايوا" لعلي أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marietseda, Yoshega (2022) العناصر الداخلية في مسرحية "ليلة 15 مايوا" لعلي أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yoshega Marietseda_A91217145.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sebuah karya sastra yang tercipta terikat dengan unsur-unsur yang terkandung didalamnya. Tanpa unsur tersebut, karya sastra tidak akan terbangun dengan sempurna. Salah satu unsur yang berperan penting dalam pembangunan struktur karya sastra sendiri adalah unsur instrinsik. Dalam penelitian ini, peneliti membahas mengenai unsur instrinsik dengan komponen pembahasan yang terdiri dari, judul/tema, tokoh/penokohan, alur, setting, gaya bahasa, opini/gagasan, dan amanat/pesan. Objek pembahasan ini adalah drama “lailah 15 maayuu”. Drama ini memiliki 4 babak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data-data yang diperoleh peneliti dari hasil analisis teks drama tersebut kemudian dikumpulkan sesuai dengan permasalahan yang ada dalam penelitian ini.Dan dari hasil dari penelitian unsur instrinsik pada drama "lailah 15 maayu" karya Ali Ahmad Bakatsir yaitu: 1) Tema/judul: "lailah 15 maayu" yang mengisahkan proses detik-detik proklamasi negara Israel dan pesta penyambutan kelahiran Mesias yang dijanjikan. 2) Tokoh/penokohan: tokoh utama: Bengurion; dan tokoh pendukung: John Paul, Rachel, Guatemala, Yugoslavia, Cekoslovakia, Beruang Merah, Paman Sam, dan Golda. 3) Latar: tempat: aula pertemuan di istana Israel di Tel Aviv, kamar Rachel, aula perayaan di istana Israel di Tel Aviv; waktu: malam hari seperti yang tertulis di judul drama. 4) Alur/pembabakan: alur maju. 5) Gaya Bahasa: menggunakan bahasa Arab fusha, kalam khobari: 28, dan kalam insya'i yang terdiri dari: nida': 38, istifham: 44, amr: 11, nahi: 4.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marietseda, Yoshegaanargyanabil106@gmail.comA91217145
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@yahoo.co.id2022127601
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Konflik sosial
Sejarah
Keywords: Unsur Intrinsik; Drama Lailah 15 Maayuu; Ali Ahmad Bakatsir.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Yoshega Marietseda
Date Deposited: 24 Mar 2022 01:36
Last Modified: 24 Mar 2022 01:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52559

Actions (login required)

View Item View Item