تغييرات الأوزان العروضية في القصيدة "المنفرجة الكبرى" للإمام الغزالي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imaroh, Nirma Maulida (2022) تغييرات الأوزان العروضية في القصيدة "المنفرجة الكبرى" للإمام الغزالي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nirma Maulida Imaroh_A71218066.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perubahan wazan arudl dalam kasidah “Pertolongan yang Agung” karya Imam Ghazali. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah 1. Apa wazan arudl yang digunakan dalam kasidah “Pertolongan yang Agung” karya Imam Ghazali?. 2. Bagaimana perubahan wazan arudl dalam Kasidah “Pertolongan yang Agung” karya Imam Ghazali?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan perubahan wazan arudl dalam Kasidah “Pertolongan yang Agung” karya Imam Ghazali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara menguraikan dan mendeskripsikan perubahan wazan arudl dalam kasidah “Pertolongan yang Agung” karya Imam Ghazali. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Kasidah “Pertolongan yang Agung” Karya Imam Ghazali menggunakan bahar Mutadarak yang berwazan "فَاعِلُنْ""فَاعِلُنْ""فَاعِلُنْ""فَاعِلُنْ"#"فَاعِلُنْ""فَاعِلُنْ""فَاعِلُنْ""فَاعِلُنْ. Terdapat beberapa macam perubahan wazan pada Kasidah “Pertolongan yang Agung” Karya Imam Ghazali, yaitu sebagai berikut: a. Zihaf Khabn (membuang huruf kedua yang mati) dari faa’ilun menjadi fa’ilun. Zihaf tersebut terdapat pada setiap bait syair “Pertolongan yang Agung” yang berjumlah 58 bait. b. Zihaf Khabal (berkumpulnya khaban dan Thayyu) dari faa’ilun menjadi fa’ilu yang terdapat pada bait ke 2 saja. c. Zihaf Qabadh (membuang huruf kelima yang mati) dari faa’ilun menjadi faa’ilu yang terdapat pada bait ke 36. d. Zihaf al-Jaari Majra al-‘Illah (Zihaf yang menduduki kedudukan ‘illah) berupa khabn pada seluruh bait kasidah “Pertolongan yang Agung” karya Imam Ghozali. e. ‘Illah Qatha’ (membuang huruf mati pada watad Majmu’ dan mematikan huruf sebelumnya) dari faa’ilun menjadi faa’il yang berubah menjadi fa’lun. ‘illat tersebut terdapat pada bait 18, 20, 28, 52, 53, dan 54. f. ‘Illah al-Jaari Majra az-Zihaf (‘Illah yang menduduki kedudukan Zihaf) berupa Qatha’ pada bait ke seluruh bait kecuali bait ke 21 dari kasidah “Pertolongan yang Agung” Karya Imam Ghazali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imaroh, Nirma Maulidamaulidanirma9@gmail.comA71218066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Subjects: Sastra
Keywords: Perubahan Wazan Arudl; kasidah “Pertolongan yang Agung” Imam Ghazali
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: nirma maulida imaroh
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:29
Last Modified: 11 Apr 2022 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52770

Actions (login required)

View Item View Item