العناصر الداخلية في قصة قصيرة "الشاطر محظوظ" ليعقوب الشاروني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Khanifatus (2022) العناصر الداخلية في قصة قصيرة "الشاطر محظوظ" ليعقوب الشاروني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khanifatus Zahro_A91217113.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Unsur-unsur Instrinsik dalam Cerpen Asy-Syaathiru Mahdhudh Karya Ya’qub Asy-Syaruni. Unsur-unsur tersebut meliputi; Tema, Tokoh penokohan, Alur, Latar, Gaya bahasa, Sudut pandang, dan Amanat. Untuk dapat menjawab permasalahan diatas, maka peneliti menggunakan metode kualitatif deskripstif. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis unsur-unsur intrinsik dalam cerpen “Asy-Syaathiru Mahdhudh” karya Ya’qub Asy-Syaruni. Cerpen ini bertemakan keserakahan manusia. Adapun tokoh utama dalam cerpen ini adalah Mahdhud, Putri, dan Ratu tua. Sedangkan tokoh pendukungnya adalah Ayah Mahdhudh, Pria bertubuh besar, Pria bertelinga dan berhidung besar, Pria yang memiliki penglihatan tajam, Pria yang memiliki lengan panjang dan kaki cepat, dan Pria bertubuh dingin. Alur dalam cerpen ini adalah alur maju. Cerpen “Asy-Syaathiru Mahdhudh” memiliki latar tempat di sebuah kota kecil, kota dimana Mahdhudh dan ayahnya tinggal, di tengah perjalanan menuju istana putri, dan di sebuah kota besar yang memiliki istana megah milik Ratu tua dan Putri. Sedangkan latar tempat dalam cerpen “Asy-Syaathiru Mahdhudh yaitu terjadi pada pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari. Sudut pandang dalam cerpen ini menggunakan sudut pandang orang ketiga. Gaya bahasa atau uslub dalam cerpen “Asy-Syaathiru Mahdhudh” adalah kalam insya’i thalabi dan kalam khabari. Amanat dalam cerpen ini adalah berhati-hatilah dalam setiap perbuatan, karena setiap perbuatan pasti ada balasannya, perbuatan baik maupunpun buruk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Khanifatusnifazahro@gmail.comA91217113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDahlan, Juwairiyahjuwairiyahdahlan@yahoo.com2029085401
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Cerpen Asy Syaathiru Mahdhudh; Ya'qub Asy Syaruni; cerpen bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Khanifatus Zahro
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:22
Last Modified: 12 Apr 2022 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52777

Actions (login required)

View Item View Item