Analisis kesesuaian dan daya dukung wisata pantai serta strategi pengelolaan wisata Pantai Watu Pecak Desa Selok Awar Awar Kabupaten Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Ni'matul (2021) Analisis kesesuaian dan daya dukung wisata pantai serta strategi pengelolaan wisata Pantai Watu Pecak Desa Selok Awar Awar Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ni'matul Izzah_H74216067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pantai Watu Pecak Desa Selok Awar – Awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang memiliki keindahan alam yang menjadi daya tarik objek wisata. Saat ini Pantai Watu Pecak menjadi objek wisata pantai, namun belum dilakukan analisa kesesuaian serta daya dukung wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian wisata, daya dukung wisata, serta bagaimana pengelolaan wisata yang dapat diterapkan pada wisata Pantai Watu Pecak. Metode yang digunakan untuk analisis kesesuaian dan daya dukung wisata adalah metode survey dan analisis deskriptif. Strategi pengelolaan wisata menggunakan metode wawancara dan kuisioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa indeks kesesuaian wisata Pantai Permata Pilang sebesar 75 %. Nilai tersebut menunjukkan Pantai Watu Pecak termasuk dalam kategori sesuai (S2) untuk dijadikan tempat wisata pantai dan berekreasi. Nilai daya dukung kawasan Pantai Watu Pecak sebesar 1540 orang perhari dengan luas kawasan yang dimanfatkan sebesar 2,3 Ha. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah strategi agresif yaitu strategi yang mendukung kekuatan dan peluang sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. strategi ini untuk meningkatkan laju pertumbuhan kunjungan wisatawan dengan waktu lebih cepat, peningkatan kualitas yang menjadi faktor kekuatan untuk memaksimalkan pemanfaatan semua peluang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Ni'matulnimatulizzah750@gmail.comH74216067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPerdanawati, Rizqi Abdiabdirizqi@uinsby.ac.id2026098801
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id198908242018012001
Subjects: Pariwisata
Keywords: Pantai Watu Pecak; Indeks Kesesuaian Wisata; Daya dukung wisata; Analisi SWOT.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Ni'matul Izzah
Date Deposited: 13 Apr 2022 05:15
Last Modified: 13 Apr 2022 05:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52789

Actions (login required)

View Item View Item