تحليل الأخطاء الإملائية في كتابة الهمزة لدى التلميذات المؤسسة الإعدادية (Simulasi Gontor) سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purwitasari, Adelia Ruli (2022) تحليل الأخطاء الإملائية في كتابة الهمزة لدى التلميذات المؤسسة الإعدادية (Simulasi Gontor) سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adelia Ruli Purwitasari_A01218002.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Kesalahan dalam penulisan Hamzah kihususnya bagi Santriwati Simulasi Gontor Surabaya. Fokus permasalahan dalam penelitian ini: 1. Bagaimana bentuk dari kesalahan penulisan Hamzah santriwati Simulasi Gontor, Surabaya, Jawa Timur? 2. Apa penyebab kesalahan penulisan Hamzah Santriwati Simulasi Gontor, Surabaya, Jawa Timur?Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan dalam penulisan Imla’ khususnya dalam penulisan Hamzah bagi santriwati Simulasi Gontor Surabaya, dan untuk mengetahui penyebab dari kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif Kualitatif, yaitu peneliti mengumpulkan data dari lembar penulisan para santriwati untuk mengidentifikasi kesalahan yang ada. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 41 kesalahan yang terbagi menjadi 4 bentuk antara lain: 1. Bentuk kesalahan dalam penulisan Hamzah Washal: 12 kesalahan 2. Bentuk kesalahan dalam penulisan Hamzah Qatha’: 11 kesalahan. 3. Bentuk kesalahan dalam penulisan Hamzah Mutawasithah: 9 kesalahan 4. Bentuk kesalahan dalam penulisan Hamzah Mutathorifah: 9 kesalahan. Hasil dari kesalahan penulisan tersebut maka dapat disimpulkan sebab-sebab dari kesalahan ini yang dibagi menjadi 4 penyebab kesalah: 1. Mubalaghoh Fii At-ta’mim, yaitu karna anak tersebut tau kaidah yang ada tapi menganggap semua kaidah itu sama, didalam penelitian ini terdapat 4 penyebab kesalahan. 2. Al-Jahlu Bil Qoidah, yaitu karna anak tersebut tidak faham kaidah sama sekali, didalam penelitian ini terdapat 3 penyebab kesalahan. 3. At-tatbiq An-Naqis Lil Qowaid, yaitu anak tersebut tau tentang kaidah yang ada tetapi tidak bisa mempraktekannya, didalam penelitian ini terdapat 12 penyebab kesalahan. 4. Al-Iftirodul Khoti’ah, yaitu dikarenakan anak tersebut ada kesalahan dalam pemahaman, didalam penelitian ini terdapat 21 penyebab kesalahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purwitasari, Adelia Ruliadelia22r@gmail.comA01218002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamal-2006067901
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Kesalahan Imla’; penulisan hamzah; santriwati; simulasi Gontor
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Adelia Ruli
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:22
Last Modified: 14 Apr 2022 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52792

Actions (login required)

View Item View Item