Upaya penanaman karakter bertanggung jawab siswa dalam masa pembelajaran daring

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fariha, Annis Naufa (2021) Upaya penanaman karakter bertanggung jawab siswa dalam masa pembelajaran daring. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annis Naufa Fariha_D91217083 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 April 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Annis Naufa Fariha_D91217083.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kondisi pandemi Covid 19 yang menjadikan sekolah dialihkan menjadi Pembelajaran Daring. Pembelajaran daring tentu perlu memerlukan beberapa inovasi dalam pelaksanaannya baik dalam hal pembelajaran maupun penanaman karakternya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana upaya pelaksanaan dalam menanamkan karakter bertanggung jawab siswa dalam masa pembelajaran daring. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan upaya penanaman karakter bertanggung jawab (3) solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat dalam menanamkan karakter bertanggung jawab. Adapun jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan beberapa data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dideskripsikan dalam bentuk narasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) upaya penanaman karakter bertanggung jawab siswa dalam masa pembelajaran daring di MTs N 1 Surabaya dilakukan melalui pemberian tugas, guru yang selalu mengontrol dan memantau pengumpulan tugas siswa, dan koordinasi antara guru dengan orang tua. (2) faktor pendukung dalam masa pembelajaran daring yaitu faktor kesadaran diri, dukungan orang tua, fasilitas dan pra sarana yang terpenuhi, dan inovasi guru dalam menggunakan media. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya komunikasi, faslititas yang kurang memadai, serta rasa malas dan jenuh siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. (3) solusi dari beberapa faktor penghambat dalam penanaman karakter bertanggung jawab yaitu dengan meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan orang tua, memberikan bantuan kepada peserta didik yang membutuhkan, dan memanggil siswa ke madrasah apabila tidak mengerjakan tanggung jawabnya sampai waktu yang telah ditentukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fariha, Annis Naufaannisnaufa99@gmail.comD91217083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh. Faizinfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorFahmi, Muhammad Fahmifahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Pendidikan Islam
Etika
Keywords: Karakter bertanggung jawab; siswa; pembelajaran daring
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd Annis Naufa F.
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:56
Last Modified: 22 Jan 2024 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52911

Actions (login required)

View Item View Item