Implementasi model matematika pada penyebaran HIV-AIDS dengan kontrol optimal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syukron, Ahmad Naufal Dzaky (2022) Implementasi model matematika pada penyebaran HIV-AIDS dengan kontrol optimal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Naufal Dzaky Syukron_H02217001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyakit menular seksual (PMS) masih menjadi perhatian khusus bagi pemerintahan Indonesia khususnya Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, salah satunya adalah penyakit HIV/AIDS. HIV/AIDS adalah salah satu penyakit menular
seksual (PMS) yang menyebar dari satu individu ke individu lain dengan perantara seks bebas, penggunaan jarum suntik yang tidak steril dan tranfusi darah oleh individu yang mengidap virus HIV. Pada tahun 2013 sekitar 35 juta populasi manusia hidup berdampingan dengan HIV/AIDS yang mana jumlah tersebut meliputi 16 juta permepuan dan 3,2 juta anak-anak berusia kurang dari 15 tahun. Penelitian ini bertujuan meminimumkan penyebaran HIV/AIDS yang berada di indonesia, pada hal ini maka tujuan umum pada penelitian adalah meminimumkan fungsi tujuan yang telah ditentukan. Penelitian ini melakukan pengembangan model penyebaran S,I dan A dengan penambahan kelas populasi E, selain itu pada penelitian ini juga terdapat penambahan dua variabel kontrol yakni u1 dan u2 yang meliputi kontrol penyuluhan dan kontrol pengobatan. Setelah dilakukan penyelesaian kontrol optimal menggunakan prinsip minimum pontryagin serta simulasi numerik dengan metode Rungge Kutta orde 4 telah diperoleh hasil bahwa pemberian variabel kontrol pengobatan u2 merupakan kontrol yang lebih optimal dibandingkan dengan kontrol u1. Hal ini dikarenakan variabel kontrol u2 memiliki nilai yang minimum sebesar 1873.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syukron, Ahmad Naufal Dzakynaufaldzaky38@gmail.comH02217001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, Arisarisfa@uinsby.ac.id2027018701
Thesis advisorHakim, Lutfilutfihakimbungah@gmail.com197312252006041001
Subjects: Matematika
Keywords: HIV/AIDS; prinsip minimum pontryagin; rungge kutta orde 4
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Ahmad Naufal Dzaky Syukron
Date Deposited: 19 Apr 2022 14:39
Last Modified: 19 Apr 2022 14:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52916

Actions (login required)

View Item View Item