Etika bersosial media menurut Alqur'an: studi penafsiran QS. Al-Hujurat[49]:6 dan QS. Al-Nahl[16]:43

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifah, Jauhar (2022) Etika bersosial media menurut Alqur'an: studi penafsiran QS. Al-Hujurat[49]:6 dan QS. Al-Nahl[16]:43. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jauhar Syarifah_E93218100.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Social media merupakan media yang menyandang posisi penting sebagai agen perubahan dan pembaharuan. Social media menjadi wadah dalam mentransfer berbagai informasi penting terkait berita ataupun ilmu pengetahuan. Teknologi yang terus berkembang menjadikan dunia menjadi tanpa batas. Apalagi indonesia yang terus mengalami persoalan serius dalam indikasi berita palsu atau hoax. Penyebaran yang begitu cepat membuat masyarakat sering mengabaikan aturan dalam menikmati social media. Etika, tata cara, adab, atau aturan dalam bermedia sosial sangat dibutuhkan dalam menanggulangi berbagai persoalan social media yang tidak kunjung usai. Karena akan muncul berbagai penyesalan di kemudian hari akibat menuduh orang yang tidak bersalah. Dalam menjawab problematika tersebut, penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) dengan memakai metode deskriptif dan metode tahlily (analistis) yakni menggambarkan maupun menguraikan penafsiran dari tokoh mufassir yang berkenaan dengan konsep bermedia sosial dari setiap aspek yang terdapat di dalam Alqur'an yang kemudian dikuatkan dengan beberapa penafsiran dari para ahli tafsir lain. Berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa etika bermedia sosial dari korelasi berbagai penafsiran dari para mufassir terkait QS. Al- H}ujurat [49]:6 Dan QS. Al- Nah}l [16]: 43) untuk: a) tidak terburu-buru dalam meng-share atau menerima berita, b) bersikap tabayyun sebelum menyebarkan dan menerima berita yang datang, c) melakukan klarifikasi atas berita kepada sumbernya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifah, Jauharjauharsyarifah7@gmail.comE93218100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBilla, Mutamakkinmutamakkinbilla@gmail.com1997709192009011007
Subjects: Media Sosial
Al Qur'an
Keywords: Konsep; media sosial; berita
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: jauhar syarifah
Date Deposited: 20 Apr 2022 05:33
Last Modified: 20 Apr 2022 05:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52927

Actions (login required)

View Item View Item