تحليل الأوزان العروضية والقافية في قصيدة "في الحمد" للبرعي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Lulu’ Farikhatul (2022) تحليل الأوزان العروضية والقافية في قصيدة "في الحمد" للبرعي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lulu' Farikhatul Jannah_A91218098.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wazan dan Qafiyah merupakan unsur penting didalam syi’ir maupun qasidah, seperti halnya ungkapan ulama’ terdahulu bahwa syi’ir “merupakan kalam yang berwazan serta berqafiyah”. Qasidah “Fī al-Hamdi” merupakan qasidah karya Imam Abdurrahim bin Ahmad bin Ali, beliau dikenal dengan Al-Bura’i. Dalam puisinya yang berjudul Fī al-Hamdi, ia menggunakan satu pola wazan dan terdapat unsur-unsur qafiyah. Fokus penelitian ini adalah apa jenis wazan atau bahar yang terdapat dalam qasidah Fī al-Hamdi karya Al-Bura’i? bagaimana bentuk perubahan-perubahan wazan arudh? Dan apa keunikan qafiyah dalam qasidah Fī al-Hamdi karya Al-Bura’i?. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Data utama diambil dari 36 bait qasidah Fī al-Hamdi karya Al-Bura’i. Kemudian, data dianalisis dengan teknis deskriptif dan menggunakan teori ilmu arudl dan qawâfi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Al-Bura’i menggunakan bahr thawil pada qasidah Fī al-Hamdi. Adapun perubahan wazan disebabkan oleh ‘zihâf al-qabdh pada taf’îlah mafā’īlun menjadi mafā’ilun dan fa’ûlun menjadi fa’ûlu di semua bait, ‘illah al-hadzf pada taf’îlah fa’ûlun menjadi fa’ū , Keunikan qafiyah yang terdapat dalam qasidah Fī al-Hamdi karya Al-Bura’I ini meliputi: Macam-macam qofiyah yang ada dalam qasidah Fī al-Hamdi yaitu satu kata, sebagian, satu kata dan sebagian yang lain. rawinya berupa huruf ra’, washl berupa huruf alif. Harakat rawi atau al-mujra berupa fathah, jenis qafiyah muthlaqah mujarrodah, nama qafiyah “al-mutawatir” tidak terdapat aib-aib qafiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Lulu’ Farikhatullulufarikhatuljannah@gmail.comA91218098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Bahr; perubahan wazan; qafiyah; qasidah; Al-Bura’i.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Lulu' Farikhatul Jannah
Date Deposited: 23 Apr 2022 08:43
Last Modified: 23 Apr 2022 08:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53005

Actions (login required)

View Item View Item