Pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran youtube terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas VIII SMPN 35 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mar'ah, Azmi Shofiah (2022) Pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran youtube terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas VIII SMPN 35 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azmi Shofiah Mar'ah_D91218123.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Penelitian ini membahas tentang flipped classroom berbantuan video pembelajaran youtube yang menjadi salah satu inovasi untuk menumbuhkan kemandirian belajar. Dikarenakan siswa kurang aktif dalam pembelajaran di kelas dan memang belum ada bahan ajar yg digunakan sebagai acuan siswa untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh flipped classroom terhadap kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Jumlah populasinya adalah 380 siswa, dengan pengambilan proposional random sampling dan menghasilkan sebanyak 80 siswa yang dijadikan sampel penelitian. Hasil riset dari penelitian yang telah dilakukan menghasilkan persamaan analisis regresi linier Y’ = 19,844 + 0,606X yang menunjukkan nilai positif. Kemudian koefisien determinasi (r2) bernilai 0,324 atau 32,4% dan nilai t hitung sebesar 6,107 dengan nilai signifikansi yaitu 0,000. Sehingga dari pernyataan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan classroom berbantuan video pembelajaran youtube terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran PAI Kelas 8 SMPN 35 Surabaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mar'ah, Azmi Shofiahazmishofiah21@gmail.comD91218123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Thesis advisorNawawi, M.abuasimazz@yahoo.com2015045701
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Media
Pendidikan > Sumber Belajar
Keywords: Model pembelajaran; flipped classroom; kemandirian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azmi Shofiah Mar'ah
Date Deposited: 26 Apr 2022 22:34
Last Modified: 26 Apr 2022 22:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53094

Actions (login required)

View Item View Item