Manajemen Pendidikan Inklusi dalam membangun mutu pendidikan di SDN Betet 1 Kota Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marwati, Shopa (2021) Manajemen Pendidikan Inklusi dalam membangun mutu pendidikan di SDN Betet 1 Kota Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shopa Marwati_D93217115.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertajuk Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Membangun Mutu Pendidikan di SDN Betet 1 Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen pendidikan inklusi di SDN Betet 1 Kota Kediri dalam membangun mutu pendidikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah perencanaan, implementasi, dan evaluasi pendidikan inklusi dalam membangun mutu di SDN Betet 1 Kota Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini antara lain kepala sekolah, koordinator bidang pendidikan inklusi, guru pembimbing khusus, dan terapis sekolah. Data penelitian didapatkan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis dan intepretasi data, peneliti menggunakan model interaktif Miles dan Hubberman. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pendidikan inklusi di SDN Betet 1 Kota Kediri meliputi penyusunan visi misi dan tujuan sekolah yang mengandung tujuan pendidikan inklusi, penyusunan perencanaan program pendidikan inklusi dengan melibatkan pemangku kepentingan serta orang tua siswa, dan melakukan investasi sumber daya dengan mengikutsertakan guru ke pelatihan-pelatihan pendidikan khusus. (2) implementasi pendidikan inklusi dalam membangun mutu di SDN Betet 1 Kota Kediri meliputi: pelaksanaan kurikulum akomodatif bagi siswa berkebutuhan khusus, penerapan pembelajaran yang fleksibel bagi peserta didik berkebutuhan khusus, pengembangan budaya inklusi di sekolah, dan pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik khusus berkompetensi serta kelengkapan sarana dan prasarana bagi siswa berkebutuhan khusus. (3) evaluasi pendidikan inklusi dalam membangun mutu di SDN Betet 1 Kota Kediri dilakukan melalui: pengawasan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan kunjungan kelas, evaluasi bersama secara pleno setiap satu bulan sekali, enam bulan sekali, dan satu tahun sekali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marwati, Shopahey.shofamarwati@gmail.comD93217115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Manajemen pendidikan inklusi; mutu pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2022 03:26
Last Modified: 28 Apr 2022 03:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53154

Actions (login required)

View Item View Item