This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Marwati, Shopa (2021) Manajemen Pendidikan Inklusi dalam membangun mutu pendidikan di SDN Betet 1 Kota Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Shopa Marwati_D93217115.pdf Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini bertajuk Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Membangun Mutu Pendidikan di SDN Betet 1 Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen pendidikan inklusi di SDN Betet 1 Kota Kediri dalam membangun mutu pendidikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah perencanaan, implementasi, dan evaluasi pendidikan inklusi dalam membangun mutu di SDN Betet 1 Kota Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini antara lain kepala sekolah, koordinator bidang pendidikan inklusi, guru pembimbing khusus, dan terapis sekolah. Data penelitian didapatkan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis dan intepretasi data, peneliti menggunakan model interaktif Miles dan Hubberman. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pendidikan inklusi di SDN Betet 1 Kota Kediri meliputi penyusunan visi misi dan tujuan sekolah yang mengandung tujuan pendidikan inklusi, penyusunan perencanaan program pendidikan inklusi dengan melibatkan pemangku kepentingan serta orang tua siswa, dan melakukan investasi sumber daya dengan mengikutsertakan guru ke pelatihan-pelatihan pendidikan khusus. (2) implementasi pendidikan inklusi dalam membangun mutu di SDN Betet 1 Kota Kediri meliputi: pelaksanaan kurikulum akomodatif bagi siswa berkebutuhan khusus, penerapan pembelajaran yang fleksibel bagi peserta didik berkebutuhan khusus, pengembangan budaya inklusi di sekolah, dan pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik khusus berkompetensi serta kelengkapan sarana dan prasarana bagi siswa berkebutuhan khusus. (3) evaluasi pendidikan inklusi dalam membangun mutu di SDN Betet 1 Kota Kediri dilakukan melalui: pengawasan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan kunjungan kelas, evaluasi bersama secara pleno setiap satu bulan sekali, enam bulan sekali, dan satu tahun sekali.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan | ||||||||||||
Keywords: | Manajemen pendidikan inklusi; mutu pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Apr 2022 03:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Apr 2022 03:26 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53154 |
Actions (login required)
View Item |