العناصر الداخلية في القصة القصيرة الحبيب المجهول لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofi'ah, Maulidatur (2022) العناصر الداخلية في القصة القصيرة الحبيب المجهول لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulidatur Rofi'ah_A71218058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sebuah karya sastra tidak akan lahir jika tidak ada unsur-unsur yang membangunnya, unsur yang tidak dapat dipisahkan dari karya sastra adalah unsur intrinsik. Unsur intrinsik merupakan unsur yang membangun karya sastra itu sendiri, pembahasan mengenai unsur tersebut meliputi beberapa hal, diantaranya adalah tema, penokohan, alur, lattar, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat. Cerpen Al-Habib Al-Majhul karya Taufiq Al-Hakim merupakan cerpen yang menarik untuk diteliti, kisah yang disajikan selaras dengan kehidupan masyarakat pada umumnya, menceritakan tentang kesalahpahaman dan tuduhan perselingkuhan. Dengan mengkaji unsur intrinsik yang ada dalam cerita ini, pembaca akan mendapatkan pelajaran-pelajaran berharga yang dapat di terapkan olehnya dalam kehidupan sehari-hari, pembaca juga dapat meneladani sikap positif yang diperankan oleh tokoh dalam cerita ini. Lalu, bagaimana unsur intrinsik yang ada dalam cerita Al-Habib Al-Majhul Karya Taufiq Al-Hakim? Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, data yang diambil oleh peneliti berupa kata atau kalimat yang selanjutnya dipaparkan dan dikelompokkan berdasarkan permasalahan dalam penelitian ini. Dari penelitian tersebut dapat diperoleh hasil yaitu : 1) Tema : Kesalahpahaman, 2) Tokoh : Tokoh aku, suami, istri, dan seorang teman, 3) Alur : Mundur, 4) Latar Tempat : Jalan raya, mobil, trotoar, sepanjang jalan giza, sepanjang jalan piramida, Latar Waktu : Sekarang, hari ini 5) Sudut Pandang : Orang pertama tokoh utama, 6) Gaya Bahasa : Tasybih, Kalam Insyai Tholabi, Kalam Khobari Tholabi, Kalam Khobari Inkari, Sajak 7) Amanat : Mencari kebenaran dahulu atas suatu perkara merupakan hal yang penting, Belajarlah untuk tenang dan tidak mudah emosi, Bersikap lemah lembutlah terhadap orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofi'ah, Maulidaturmaulidaturrofiahh@gmail.comA71218058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@yahoo.co.id2022127601
Subjects: Adab
Sastra
Keywords: unsur intrinsik; cerpen Al-Habib Al-Majhul; taufiq Al-Hakim
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Maulidatur Rofi'ah
Date Deposited: 17 May 2022 04:51
Last Modified: 17 May 2022 04:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53272

Actions (login required)

View Item View Item