Al-muhassinat al-Lafdziyyah fii maulid ad-dhiya'ullaami' lihabib Umar bin Hafidz

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspaningrum, Anis (2022) Al-muhassinat al-Lafdziyyah fii maulid ad-dhiya'ullaami' lihabib Umar bin Hafidz. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Puspaningrum_A91217098.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mempelajari ilmu badi’ menjadi hal yang sangat penting bagi kalangan mahasiswa sastra karena sangat berpengaruh dalam menggunakan dan meletakkan kata-kata agar sesuai dengan maknanya, sehingga kalimat tersebut terlihat menjadi indah. Penelitian kali ini yang dibahas adalah keindahan lafadz (al muhsinat al lafdziyyah) dari sebuah maulid Ad Dhiyaul Laami’ karangan seorang ulama’ besar yaitu al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz atau dikenal dengan Habib Umar bin Hafidz. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu prosedur pemecahan masalah yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data kemudian menganalisisnya. Sumber penelitian ini didapat dari bait sholawat yang ada dalam kitab maulid Ad Dhiyaul Laami’. Data yang didapat dalam penelitian ini berupa kata yang memiliki unsur keindahan dalam sebuah kalimat. Adapun tahap penelitiannya adalah membaca dan memahami konsep yang berkaitan dengan keindahan suatu lafadz, mengumpulkan data-data berdasarkan referensi yang sesuai kemudian menyusunnya dalam bentuk skripsi. Setelah menyelesaikan penelitian, penulis mendapatkan beberapa data tentang unsur keindahan lafadz (al muhsinat al lafdziyyah) yaitu 10 data pada jinas, 14 data pada saja’ dan 5 data pada iqtibas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspaningrum, Anisanispuspa1234@gmail.comA91217098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Husainhusainaziz@gmail.com2003015601
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Keindahan lafadz; maulid ad-dhiya'ullaami; Umar bin Hafidz
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Anis Puspaningrum
Date Deposited: 20 May 2022 04:09
Last Modified: 22 May 2022 10:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53335

Actions (login required)

View Item View Item