Analisis konsep ijarah terhadap praktik jasa sterilisasi kucing: studi kasus di Mars Petcare Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maharani, Aulia Siti (2021) Analisis konsep ijarah terhadap praktik jasa sterilisasi kucing: studi kasus di Mars Petcare Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Siti Maharani_C92217125.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data yaitu melakukan observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen. Data yang terkumpul tersebut kemudian dianalisis menggunakan pola pikir deduktif yaitu pola berpikir yang berangkat dari konsep ijarah yang didalamnya terdapat teori akad ijarah dalam al-Qur’an dan hadis serta Fatwa DSN MUI nomor: 112/DSN-MUI/IX/2017 tentang akad ijarah untuk kemudian digunakan sebagai alat analisis fakta di lapangan berupa praktik jasa sterilisasi kucing di Mras Petcare Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut: 1) praktik jasa sterilisasi kucing di Mars Petcare merupakan sewa jasa jenis ijarah bil ‘amal yang dilakukan antara ajir yaitu drh. Ruddyanto dengan musta’jir \yaitu pemilik kucing, akad mulai dilaksanakan setelah terjadi kesepakatan antara keduanya hingga akad dikatakan telah selesai setelah pekerjaan ajir selesai dilakukan dan musta’jir memberikan upah; dan 2) praktik jasa sterilisasi kucing di Mars Petcare telah sesuai dengan apa yang menjadi ketentuan dalam konsep ijarah yaitu menurut teori akad ijarah dan juga yang tertuang dalam fatwa DSN MUI nomor: 112/DSN-MUI/IX/2017. Akhir dari penelitian ini penulis memberikan saran yaitu: 1) diharapkan kepada masyarakat agar lebih memperhatikan kucing di sekitar lingkungan seperti melakukan steril pada kucing agar tidak nenambah populasi kucing yang terlantar sehingga risiko penyakit di sekitar lingkungan yang diakibatkan oleh kucing dapat menurun; dan 2) diharapkan pemerintah dapat memberikan fasilitas untuk mengadakan sterilisasi terlebih pada kucing jalanan yang terlantar untuk mengontrol populasi kucing liar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maharani, Aulia Sitiauliasitimaharani@gmail.comC92217125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.com2021027302
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Keywords: ijarah; jasa; steril kucing
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 May 2022 05:09
Last Modified: 31 May 2022 05:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53437

Actions (login required)

View Item View Item