تحليل الأفعال الكالمية الإنجازية في عناوين الأخبار السياسية والاقتصادية في قناة اليوتيوب بي بي سي نيوز عربي: دراسة تحليلية تداولية - Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam headline berita berkategori politik dan ekonomi dalam kanal Youtube BBC News Arabic: kajian analisis pragmatik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahad, Malik (2023) تحليل الأفعال الكالمية الإنجازية في عناوين الأخبار السياسية والاقتصادية في قناة اليوتيوب بي بي سي نيوز عربي: دراسة تحليلية تداولية - Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam headline berita berkategori politik dan ekonomi dalam kanal Youtube BBC News Arabic: kajian analisis pragmatik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Malik Fahad_A71219056 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan strategi pragmatis dalam dunia jurnalistik sangat berpengaruh terhadap terciptanya bahasa yang menarik, khususnya dalam penciptaan headline. Strategi pragmatis yang sering digunakan dalam headline adalah tindak tutur ilokusi terutama dalam headline yang memberitakan mengenai politik dan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bentuk fungsi tindak tutur dalam headline berita dalam channel youtube“BBC News Arabic” pada tanggal 29 Maret - 7 April 2022, (2) mengetahui fungsi tindak tutur dalam headline berita dalam channel youtube“BBC News Arabic” pada tanggal 29 Maret - 7 April 2022, (3) mengetahui peran penting daya ilokusi tersebut terhadap daya tarik pemirsa berita. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan simak catat. Hasil penelitian ini adalah (1) jenis tindak tutur ilokusi pada tajuk berita politik dan ekonomi di kanal YouTube “BBC” News Arabic tanggal 29 Maret – 7 April 2022 yaitu tindak tutur ilokusi langsung dan tindak tutur ilokusi tidak langsung.(2) Tindak tutur ilokusi langsung dalam tajuk berita politik dan ekonomi di saluran YouTube “BBC” News Arabic pada tanggal 29 Maret – 7 April 2022 Berfungsi antara lain, 3 tuturan assertif untuk menjelaskan sebuah keterangan, 1 tuturan assertif untuk menyampaikan informasi dan 1 tuturan ekspresif keingintahuan, sedangkan fungsi tindak ilokusi tidak langsung adalah 3 tuturan ekspresif untuk mengkritik, 1 tuturan ekspresif keingintahuan, 3 tuturan ekspresif untuk prihatin, 1 tuturan ekspresif untuk menaruh kasihan, 1 tuturan ekspresif untuk kecaman dan 2 tuturan direktif untuk memperingatkan. (3) strategi ilokusi yang terdapat dalam headline menimbulkan rasa penasaran yang tinggi dan reaksi dari pemirsa berita terhadap berita sehingga hal ini membuktikan bahwa strategi ilokusi memiliki peran penting dalam menarik perhatian dan reaksi pemirsa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahad, Malikmalikfahadd09@gmail.comA71219056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThoriqussuud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Subjects: Linguistik
Keywords: Tindak tutur ilokusi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2023 04:19
Last Modified: 24 Feb 2023 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53498

Actions (login required)

View Item View Item