PROFIL KEMAMPUAN PRA BERHITUNG TUNAGRAHITA DI SLB KARYA ASIH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahiroh, Sahiroh (2016) PROFIL KEMAMPUAN PRA BERHITUNG TUNAGRAHITA DI SLB KARYA ASIH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pra berhitung merupakan serangkaian kemampuan dasar yang wajib dilalui siswa untuk dapat mempelajari kemampuan selanjutnya yakni kemampuan bilangan dan berhitung. Kemampuan dasar tersebut meliputi kemampuan klasifikasi, ordering & seriasi, korespondensi dan konservasi. Setiap siswa memiliki kemampuan pra berhitung yang berbeda dikarenakan kecerdasan yang dimiliki juga berbeda. Anak berkebutuhan khusus seperti tunagrahita memiliki kemampuan pra berhitung berbeda dengan kemampuan anak reguler seusianya karena dari tingkat kecerdasan yang dimiliki juga berbeda pula. Dalam kegiatan pembelajaran guru sebaiknya mengetahui kemampuan dasar siswa tunagrahita agar dapat membantu mereka dalam mempelajari keterampilan matematika yaitu berhitung dengan metode yang sesuai. Meninjau keterangan tersebut, peneliti hendak mendeskripsikan kemampuan pra berhitung yang meliputi empat kemampuan dasar tersebut. Berdasarkan uraian tersebut maka dalam penelitian ini diajukan rumusan masalah, bagaimana profil kemampuan pra berhitung tunagrahita di SLB Karya Asih Surabaya?
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitan di SLB Karya Asih Surabaya kelas VIII dengan ketentuan satu subjek untuk tiap-tiap kategori tunagrahita yaitu tunagrahita sedang dan ringan. Jadi total semua subjek adalah dua siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes pra berhitung dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data meliputi analisis data hasil tes pra berhitug dan wawancara dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menyimpulkan bahwa anak tunagrahita sedang memiliki kemampuan pra berhitung kurang sedangkan tunagrahita ringan memiliki kemampuan pra berhitung cukup baik untuk mempelajari keterampilan matematika berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahiroh, Sahirohsahiroh24@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Tunagrahita; Kemampuan Pra Berhitung; Klasifikasi; Ordering; Seriasi; Korespondensi; Konservasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: sahiroh agus prasetyo
Date Deposited: 18 Mar 2016 00:37
Last Modified: 18 Mar 2016 00:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5352

Actions (login required)

View Item View Item