السجع في منظومة متن تحفة الأطفال للشيخ سليمان الجمزوري: دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masrufah, Siti (2021) السجع في منظومة متن تحفة الأطفال للشيخ سليمان الجمزوري: دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Masrufah_A91217138.pdf

Download (3MB)

Abstract

Syair merupakan salah satu jenis karya sastra kebanggaan bangsa Arab. Syair adalah suatu bentuk seni linguistik yang menggunakan estetika dan termasuk mendeskripsikan sesuatu untuk mewujudkan makna yang ingin disampaikan kepada penerima secara estetika. Syairtentu mengandung kearifan lokal dan juga memiliki tujuan tertentu yang dibuat oleh seorang pengarang. Sama halnya seperti nadhom Tuhfatul Atfal karya Syaikh Sulaiman Aljamzuri. Nadhom ini merupakan sebuah nadhom yang mengandung kaidah-kaidah dasar ilmu tajwid yang dirangkai dengan bait-bait yang indah, nadhom ini juga memiliki akhiran sajak yang indah dalam setiap baitnya. Sajak adalah kesamaan huruf akhir yang terdapat dalam dua kalimat atau lebih. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui sajak dan macam-macamnya yang terkandung dalam nadhom TuhfatulAthfal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pertama, apa saja kata yang termasuk sajak dalam nadhom Tuhfatul athfal? Kedua, apa saja jenis-jenis sajak yang terdapat dalam nadhom Tuhfatul Athfal?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kata yang termasuk sajak dalam nadhom Tuhfatul athfal dan jenis-jenis sajak yang terdapat dalam nadhom Tuhfatul Athfal. Dalam menganalisis sajak yang terkandung dalam nadhom ini tentu dibutuhkan sebuah teori yang dapat membantu peneliti dalam menganalisis data. Teori yang dipakai oleh peneliti adalah Balaghah dari segi ilmu Badi’. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Adapun tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian ini adalah peneliti membaca keseluruhan nadhom Tuhfatul Athfal karya Syaikh Sulaiman Aljamzuri lalu mencari kata mana saja yang mengandung sajak, setelah itu menganalisis data tersebut dan membagi sesuai jenis sajaknya. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa nadhom Tuhfatul Athfal karya Syaikh Sulaiman Aljamzuri terdapat beberapa jenis sajak diantaranya: 39 sajak mutharaf, 2 sajak murasha’, dan 9 sajak mutawazi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masrufah, Sitirufahs30@gmail.comA91217138
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Mirwan Akhmadmirwan_at@yahoo.com2014038501
Subjects: Sastra
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Macam-macam sajak; Tuhfatul Athfal; Syaikh Sulaiman Aljamzuri
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Masrufah Siti
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:18
Last Modified: 20 Jun 2022 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53560

Actions (login required)

View Item View Item