Analisis Maqāṣid al-sharī’ah dan peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 30/POJK.05/2021 terhadap Restrukturisasi pembiayaan bermasalah pada masa pandemi COVID-19 di KSPPS BTM Surya Utama Kecamatan Palang Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholishoh, Ziadatun (2022) Analisis Maqāṣid al-sharī’ah dan peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 30/POJK.05/2021 terhadap Restrukturisasi pembiayaan bermasalah pada masa pandemi COVID-19 di KSPPS BTM Surya Utama Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ziadatun Kholishoh_C72218105.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan restrukturisasi pembiayaan bermasalah pada masa pandemi Covid-19 di KSPPS BTM Surya Utama berdasarkan perkembangan sektor ekonomi, usaha, dan kondisi dari nasabah melalui penilaian dan pemantauan. Penerapan restrukturisasi bagi nasabah yang terdampak pandemi Covid-19 sudah sesuai dengan prinsip maqāṣid al-sharī'ah perspektif Jasser Auda, yang meliputi maqāṣid al-‘ammah dalam perlindungan jiwa raga dan perlindungan harta, maqāṣid al-khaṣṣah untuk mencegah kerugian yang lebih besar terhadap nasabah dan BTM Surya Utama, dan maqāṣid al-juz’iyyah untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai yaitu menyelamatkan pembiayaan bermasalah agar nasabah dapat menyelesaikan kewajibannya sesuai kemampuan. Adapun penerapan restrukturisasi di KSPPS BTM Surya Utama juga sudah sesuai dengan POJK Nomor 30/POJK/05/2021 dalam segi cara restrukturisasi dan penerapan kriteria nasabah yang direstrukturisasi. Tetapi dalam penerapan restrukturisasi terdapat kekurangan yaitu adanya tindakan yang disebut moral hazard, serta keterbatasan staff ahli dalam restrukturisasi sehingga proses penilaian dan pemantauan profil nasabah bergantung pada informasi satu pihak saja yaitu agent collector.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholishoh, Ziadatunc72218105@uinsby.ac.idC72218105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSanuri, Sanuriranuri@uinsby.ac.id197601212007101001
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum > Hukum Perdata Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: Pembiayaan; bank syariah; bank
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ziadatun Kholishoh
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:04
Last Modified: 27 Jun 2022 04:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53639

Actions (login required)

View Item View Item