Pengaruh Remedial Teaching dengan Pendekatan Kuratif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adabiyah, Nailul (2016) Pengaruh Remedial Teaching dengan Pendekatan Kuratif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu jalan atau cara yang mengantarkan manusia untuk mencapai tujuan hidupnya. Bahkan pendidikan menjadi sebuah kewajiban yang harus di jalani manusia dalam kehidupannya. Penerapan Pembelajaran remedial juga merupakan cara mengantarkan siswa untuk mencapai tujuan hidupnya yaitu untuk memperoleh hasil belajar yang lebih baik bagi siswa yang belum memenuhi standar yang sudah ditetapkan.
Masalah yang diteliti dalam ini adalah: (1) Bagaimana remedial teaching dengan pendekatan kuratif di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya? (2) Bagaimana hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya? (3) Adakah pengaruh remedial teaching dengan pendekatan kuratif terhadap peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya?
Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif. Penelitian yang dilaksanakan peneliti juga merupakan penelitian yang sifatnya kausal komparatif difokuskan untuk membandingkan variable bebas dari beberapa subjek yang mendapat pengaruh yang berbeda dari variabel bebas. Dalam analisis ini data yang dianalis oleh peneliti adalah data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah remedi, yang kemudian dianalisis dengan statistic parametic. Dalam penyajiannya peneliti menguraikan secara jelas tentang obyek yang diamati serta menyajikannya dalam bentuk angka. Sesuai dengan masalah tersebut, data yang digunakan berupa hasil wawancara, angket, dan dokumentasi.
Analisis yang digunakan adalah analisis statistic dengan langkah-langkah: (1) Analisis pendahuluan tentang remedial teaching dengan pendekatan kuratif dan hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits; (2) Analisis hipotesis untuk mengetahui tentang pengaruh remedial teaching dengan pendekatan kuratif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadits di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya, yaitu dengan uji hipotesis data berpasangan menggunakan rumus uji t (paired sample test).
Berdasarkan masalah tersebut diatas dan setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa (1) Pelaksanaan remedial teaching di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya adalah sebesar 71,9%, yang berarti “cukup baik. (2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar sebesar 68,46%, dari rata-rata nilai 69,46 menjadi 85,37 dengan persentase peningkatan sebesar 23%. (3) Dari perhitungan uji normalits dan sample paired t-test didapat hasil bahwa > atau 19,025 > 2,001 yaitu tolak dan terima , yang berarti terdapat pengaruh remedial teaching dengan pendekatan kuratif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-qur’an hadits di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adabiyah, NailulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Belajar
Keywords: Remedial Teaching; Pendekatan Kuratif;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nailul Adabiyah
Date Deposited: 29 Mar 2016 07:31
Last Modified: 04 Nov 2019 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5370

Actions (login required)

View Item View Item